PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE PINTAR TERHADAP KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH PULAU ARAR KABUPATEN SORONG
Abstract
Penerapan Permainan Puzzle Pintar Terhadap Kognitif Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Pulau Arar Kabupaten Sorong. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan kognitif anak keompok B TK Aisyiyah Pulau Arar Kabupaten sorong melalui permainan puzzle pintar pintar dapat meningkat? Tujuan penelitian ini untuk meningkatan kemampuan kognitif melalui permainan Puzzle pintar pada anak kelompok B. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang bertempat di TK Aisyiyah Pulau Arar Kabupaten sorong. dengan subjek 20 anak, prosedur yang digunakan dalam penelitian yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, tahap observasi, refleksi dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian Pada siklus I pertemuan 1 terjadi peningkatan kognitif menjadi 10 orang anak (50%). Selanjutnya pada siklus I pertemuan 2 kembali terjadi peningkatan menjadi 12 orang atau 60% dari 20 orang anak yang memiliki kemampuan kognitif Pada siklus II pertemuan 1 mengalami peningkatan menjadi 15 orang (75%), siklus II pertemuan 2 menjadi 19 orang atau (95%) anak mengalami peningkatan kognitif melalui permainan puzzle pintar . Berdasarkan Hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa melalui permainan puzzle pintar , kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Aisyiyah Pulau Arar Kabupaten sorong meningkat.
Downloads
References
Https://Mayadikiria.Wordpress.Com/2011/05/22/Permainan-Edukatif-Sebagai-Media-Belajar-Anak-Usia-Dini/
Patmonodewo.2015.http://www.academia.edu/9717051/Pengertian_Media_Puzzle pintar _MMenurut_Patmonodewo_Misbach. di akses pada tanggal 08/10/2016
Santrock, John. 2007. Perkembangan Anak. Erlangga. Jakarta
Sujiono, yuliani dkk 2007.Metode Pengembangan Kognitif. Universitas terbuka: Jakarta
Suyadi.2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.
Zain. 2013. Permainan-dan-Kreativitas-Pada-Anak-Usia-Dini%E2%80%9D. diakses tanggal 07/10/2016 .