PERMAINAN MENULIS DI ATAS PASIR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK ABA 2 AIMAS KABUPATEN SORONG

  • Septia Nurul Wathani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Wa Yanti Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Permainan Menulis di Atas Pasir, Kemampuan Motorik Halus.

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang telah dilaksanakan di TK ABA 2 Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat menunjukkan bahwa perkembangan motorik halus anak usia dini masih rendah atau kurang, hal tersebut dapat ditingkatkan dengan metode pembelajaran yang efektif salah satunya permainan menulis di atas pasir. Maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini pada TK ABA 2 Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat melalui permainan menulis di atas pasir. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan motorik halus. Subjek dalam penelitian ini adalah pada kelompok B di TK ABA 2 Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat yang berjumlah 18 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik analisis data untuk yang digunakan adalah deskriptif naratif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh ketuntasan hasil kemampuan motorik halus ketuntasan pada siklus I pertemuan pertama 0 %, ketuntasan pada siklus I pertemuan kedua sebesar 38,89 %, ketuntasan siklus II pertemuan pertama 78,89 %, ketuntasan pada siklus II pertemuan kedua sebesar 94,44 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan menulis di atas pasir dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini pada TK ABA 2 Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto,Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Kurniasari, Diyah, 2010. Pendekatan Pembelajaran BCCT di Sentra Persiapan Dalam Upaya Persiapan Menulis Dasar. Surakarta.
L. Zulkifli. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Paramita Lestra Eri, 2011. Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Tema Lingkungan Dengan Kegiatan Bahan Alam Media Pasir di Kelompok B TK PGRI 2 Mataram. Mataram: Universitas Mataram.
Puri Aquarisnawati. 2011. Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Bender Gestalt. Jurnal INSAN Vol. 13 No. 03, Desember 2011: 149-156.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, cetakan ke-21. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya), Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2021-11-18