PENERAPAN KEGIATAN MERONCE SEDOTAN TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA 6 AIMAS KABUPATEN SORONG

  • Finti Annisa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ade Nursalim Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Septia Nurul Wathani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Meronce sedotan, Motorik halus

Abstract

Meronce menggunakan sedotan adalah suatu kegiatan membuat hiasan yang siap pakai dari bahan daur ulang seperti sedotan dan bahan-bahan lainya, yaitu dengan cara memotong kecil-kecil sedotan dan merangkainya dengan benang atau senar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan meronce sedotan terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK ABA 6 Aimas kabupaten sorong. Metode dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif. Taknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan hasil observasi dan wawancara peneliti dengan menerapkan kegiatan meronce sedotan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.dengan hasil penelitian perkembangan motorik halus pada anak dapat berkembang melalui kegiatan meronce sedotan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhieni, Nurbiana.. Yuliantina, Irma.. Soendjojo, Rhmitha, Yuswanto, D Tri.. Nu rjannah.. Riany,Y Eva.. Rosmalia, Rita. 2020. Panduan Penegrian satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Febriana, Anggita.. Dan Kusumaningtyas, L Ersta. 2018. meningkatka motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok B Usia 5-6 Tahun .
Gardini, Ega.. dan Dahlia.2016. meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini mengurutkan bilangan melalui meronce
Hera, A Junill..Dan Latief, Fadhilah.2020. Meningkatkan kemampan motorik halus melalui kegiatan meronce kelompok B TK Islam Nusussalam Kabupaten Maros. Sulawesi Selatan
Hasbi, Hasni.. Taib, Bahran.. dan Arfa, Umikalsum. 2021. Analisis kegiatan meronce menggunakan tutup Botol bekas terhadap keterampilan motorik halus anak usia dini 5-6 tahun. Ternate
Khaironi, M.2018. Perkembangan anak Usia Dini..
Kuswanto, C Wijaya,.. Marsya, Dinda.. Jatmiko, Agus.. Pratiwi, D Dinda .2021. Kegiatan meronce untuk perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Lampung
Nengsih, A Wirda . 2018. peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan meronce kelompok A paud sehati kota Bengkulu. Bengkulu
Puslika, Disi.. Kurniah, Nina .2021.penerapan metode bermain dengan meronce untuk meningkatkan motorik halus dan kognitif anak pada kelompok B TK Negri 1 pagar alam.Bengkulu.
Rista,Yorin2020.Meningkatkan kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce pada anak kelompok B di TK Bina Kasih Periti Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta
Umama..2016.Pojok bermain anak. Stilleto book. Yogyakarta.
Utami, A.Restu.. Ammitah, Sri.. Wahyuningsih, siti.. 2013. Penerapan model pembelajaran kontekstual melalui krgiatan mronce untuk meningkatkan motorik halus anak kelompok B TK Dharma Wanita 8 Blulukan Colomadu tahun 2012/2013. Surakarta.
Wahyuni, Sri.. Efatri, S Martha.. Dan Fadhilah, Siti..2018. Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan cooking class aanak usia 5-6 tahun di tk melati pekanbaru. Pekanbaru
Published
2023-12-13
Section
Articles