UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK YPK ST THERESIA KOTA SORONG

  • Ferenika Tesalonika Lasut Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Imam Mahdi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: : Rasa Percaya Diri, Metode Bermain Peran

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah agar dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan latihan permainan peran pada anak usia 5-6 tahun di TK YPK ST. THERESIA KOTA SORONG. Penelitian ini menggunakaan penelitian berjenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan memakai metode bermain peran yang turut melibatkan anak selama berlangsungnya pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B3 dengan rentan usia 5-6 tahun. Lembar observasi (checklist) digunakan untuk pengumpulan data. Berdasarkan temuan penelitian ini, terbukti bahwa rasa percaya diri anak dapat ditingkatkan melalui permainan peran. Dari segi pengalaman yang semakin meningkat dalam menggunakan latihan bermain peran, secara keseluruhan berjalan dengan baik, khususnya pada keasyikan anak dalam berperan sebagai pedagang sate atau koki, secara umum sangat baik. Hasil dari setiap siklus terus meningkat sedikit demi sedikit, hal ini terlihat dari persepsi yang dihasilkan pada pra siklus 40%, dan diperluas pada  pertemuan pertama menjadi 68%, berkembang  lagi pada pertemuan kedua menjadi 74,5 %. Pada siklus II hari pertama  percaya diri anak mengalami peningingkatan lagi menjadi 82%, dan di hari selanjutnya meningkat lagi menjadi 90% dan sudah memenuhi pecapaian sebuah keberhasilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, B. & Afiatin, T. (1996). Konsep Diri, Harga Diri, dan Kepercayaan Diri. Jurnal Psikologi. 23-30.
Abubakar, Sitti Rahmaniar dan Dewi Widiastuti Sinta. (2018). “Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Kegiatan Mendongeng Di TK Sangia Jampaka Kecamatan Mawasangka. Jurnal Smart PAUD, Volume 1, Nomor 2.
Alfani. 2020. Pengaruh Media Augmented Reality (AR) Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vocal Pada Anak Usia Dini. Jurnal Islamic Early Chilhood Education, Volume. 1, Nomor. 1
Ahmad Susanto. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (konsep dan teori). Jakarta: PT. Bumi Aksara
Ahmad Susanto. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini (konsep dan teori). Jakarta: PT. Bumi Aksara
Aqib, Zainal, 2009, Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.
2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional
Djamarah & Zain (2006), Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyanti, J. (2014) Metode Penelitian Pendidikan & Aplikasinya Pada Pendidikan
Anak Usia Dini. Jakarta: kencana

Edi elisa “Rasa percaya diri anak usia dini” Diakses dari https://educhannel.id/ Pada tanggal 27 Januari 2024
Elyana Maulidah, Julianto. 2016. Pengaruh Media Smart Fun Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, Volume 05 Nomor 02 Tahun 2016, 12-16
Ernasari. 2020. Skripsi: Efektivitas Metode Bernanyi Terhadap Kemampuan Menganal Huruf Anak Kelompok A PAUD Satria Jaya Desa Balad Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon.
Etianingsih . 2016. Skripsi. Peningkatan Kemampuan Anak Kelompok A Dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf Di Tk Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumber Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.
Fatimah, Enung. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV. Pustaka Setia
Ghufron, M. N & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori psikologi. Ar-ruzz Media.
Husnan, Azhari. (2015). Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Siswi yang Tinggal di Asrama. Jurnal @Trisula LP2M Undar,. Edisi 1, Volume 1, 2015, Hal 87-105, ISSN. 2442- 3238
Hughes, Fergus P, (2010). Children, Play and Devlopment, New York: Sage.
H. Oktina, dkk. 2015. Permainan Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Lambang Bilangan Dan Huruf Anak. Jurnal Pendidikan Anak, Vol .1, No. 5
Ika, Ledhyane. 2013. Uji Hipotesis. Jurnal Statistik Dept. Fisheries And Marine Resource Menegement University of Brawijaya
Kurnia, Cahya. 2015. Pengujian Homogenitas Varians Data. Jurnal Homogenitas Varians Data By Dr. Zulkifly Matondang
Kumala Dewi. (2013). Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak. Diakses dari www.edukasi.kompasiana.com pada tanggal 19 januari 2024 jam 20.00 WIB.
Lauster, P. (2012). Tes kepribadian. terjemahan D. H. Gulo. Bumi Aksara
Masna. 2016. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pengenalan Huruf Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B KB Anggrek Muara Badak Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal . fkip-uwgm Vol.1 No.1 (2016)
M. Nur Ghufron dan Rini Risnawati S. (2010). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Made A A (2017) dalam PENERAPAN BERMAIN UNTUK MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI pada tanggal 15 Januari 2024
jam 21.30 WIB.
Mursid. 2016. Pengembangan Pembelajaran Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Niffa A Y, Hibana, dan Siti Z. 2020. Pembelajaran Calistung : Peningkatan Perkembangan Kognitif Pada Kelompok B Di TK Angkasa Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. JGA,Vol 5 (1)
Novi Mulyani. 2017 .Pengembangan Seni Anak Usia Dini. bandung: PT. Rosdakarya
Pardjono, dkk. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.
Rahayu, Aprianti Yofita. (2013). Anak Usia TK: Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks
Siti Farida. 2015. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Huruf Vokal Dan Konsonan Melalui Adobe Flash Pada Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita Betet Kecamatan Pesantren Kota Kediri.
Sutrisna (2009) dalam www.myshandy.multiply.com pada tanggal 20 januari 2023
jam 21.30 WIB.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suwarsih Madya. (2007). Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta : Lemlit IKIP UNY.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: PT. Alfabeta
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta
UU RI Nomor 23 Tahun 2002, Tentang Perlindungan anak. Jakarta.
Wildayanti Rahim, Nurlailah. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B KB Puncak Mewatang Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Anak Usia Dini Al-Atfal, Vol 3 No 1
Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana
Yuliani Nurani, 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Published
2023-12-13
Section
Articles