PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH PULAU ARAR KABUPATEN SORONG

  • Purnawati Saiman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Imam Mahdi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mersi Axelina Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: peran guru, Kemampuan Motorik Halus, kolase

Abstract

Penelitian ini mengulas peran guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase pada anak-anak kelompok B di TK Aisyiyah Pulau Arar. Perumusan masalahnya melibatkan dua pertanyaan, Pertama-tama adalah sejauh mana guru berkontribusi dalam perkembangan keterampilan motorik halus anak melalui aktivitas kolase anak-anak dalam kelompok B melalui aktivitas kolase di TK Aisyiyah Pulau Arar? Selanjutnya, yang kedua adalahapa rintangan yang timbul dan rekomendasi solusi untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan kolase pada anak-anak tingkat B di TK Aisyiyah Pulau Arar?. Jenis penelitian yang menggunakan pendekatan bersifat kualitatif deskriptif dan memperoleh data mengunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peran guru memiliki dampak signifikan dalam berkembangnya keterampilan motorik halus anak-anak melalui kegiatan kolase dalam konteks pendidikan dan bimbingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eris Madiarti. (2013). Penigkatakan kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Dengan Menggunakan Media Membatuan Bahan Alam di Paud Melatih Kabupatenlebong. 1.44.
Hendrayana, S. P., Fauziah, D. N., & Safrida, R. (2021). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase. 130-141.
Herawati. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Bahan Alam Sekitiar Pada Anak Kelopok B. 1-160.
N. H. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan berbagai media. 1-8.
Nurfaidah. (2018). Upaya Menigkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Kolase Pada Kelompok B. 1-63
Nurfaidah. (2018). Upaya menigkatkan kemampuan motorik halus anak.
Nurjana, D. Y., Wulandari, R. S., & Tasari, L. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Dalam Persiapan Menulis Melalui Kegiatan Kolase.
Purwanita. (2020). Jurnal agama dan budaya Menigkatakan keterampilan motorik halus berbatuan media kolase pada anak usia dini. 1-10.
Suseni, M., Arini, N., & Sasmika dewi, N. P. (2021). Implementasi Metode Kolase Dalam Menigkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini. 1-8.
Syahputra, J., & Ibrahim, A. (2020). Seni Kolase Karya Siswa Kelas X Mia 2 SMA AL-Fityah School Medan Dengan Objek Buah.
T. V., & D. s. (2020). Pengaruh Kolase Kapas Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 tahun. 572-580.
Yulianto, D., & Awalia, T. (2017). Menigkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B.
Published
2023-12-13
Section
Articles