PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI KOTA SORONG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah peningkatan kemampuan keaksaraan awal dengan menggunakan media kartu huruf pada anak kelompok b di tk pertiwi kota sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi di tk pertiwi kota sorong, dalam mengembangkan kemampuan keaksaraan awal melalui media kartu huruf pada anak kelompok b di tk pertiwi kota sorong, menunjukkan bahwa dari 9 anak yang telah melakukan kegiatan kartu huruf sebanyak 5 anak yang masuk pada kategori berkembang sangat baik (bsb), dan 3 anak pada kategori berkembang sesuai harapan (bsb) 1 anak anak pada kategori mulai berkembang (mb). Mulai berkembang kemampuan keaksaraan dikarenakan kurangnya bimbingan dan perhatian dari guru serta kehadiran dalam aktivitas belajarnya rendah. Maka dapat peneliti simpulkan bahwa melalui kegiatan kartu huruf dapat mengembangkan kemampuan keaksaraan awal anak kelompok b di tk pertiwi kota sorong sangat baik.
Downloads
References
Amini. (2016). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Reseptif Anak Melalui Permainan Pola Suku Kata di Taman Kanak – Kank Negri Pembina Yogyakarta. 5. 673-683.
Amini. (2016). meningkatkan kemampuan keaaksaraan reseptif anak melalui permainan pula suku kata di TK Negeri
pembina yogyakarta. jurnal pendidikan anak, vol. 5, Edisi 1, juni 2016, 677-678.
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, hal. 119.
Borre. (2020). Kemampuan Keaksaaran Anak Usia 5-6Tahun Dalam Peneraoan Metode Spalding. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta, 2020.
Carol Seefeldt,& Barbara A Wasik. (2006). Pendidikan Anak Usia Dini. (Alih bahasa: Pius Nasar). (Jakarta : Indeks. 2006), h. 330-331.
Darnis, (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran, Membaca, Menulis, Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/https:doi.org/10.21326/jcpaud.vli01.3
Farini, I., & Rohita. (2023). Peran Guru Dalam Penumbuhan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud an Nahl Pancoran Mas Depok. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 5(2), 52–60. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/a rticle/view/1590
Hariyanti, E. (2017). Pengembangan media pembelajaran kartu huruf dan angka berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1)
Harun Rasyid dkk. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Multi Pressindo. 2009), h. 241.
Hasan, Hariyanto, dan Suyanto (2005 & 2009)
Hendry Kurniawan. (2002). Penggunaan media kartu terhadap peningkatan kemampuan anak dalam berhitung. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
JJPAUD. P-ISSN: 2613-9669 E-ISSN: 2613-96505555TV C;H H.'
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 2021
Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 2, November 2018 P-ISSN: 2527-4287 - E-ISSN: 2527-6794
Khadijah & Nurul Amelia. 2021 Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori Dan Praktik. (Jakarta: Kencana, 2021),101
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id
Listriani, A., & Sumadi, T. (2021). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591–598
Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2021). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Maimunah Hasan. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Diva Press, 2009), hlm. 65.
Maqdalena, & Widiastuti. (2018). Meningkatkan Kemampuan Simbol Huruf Melalui Permaian Ular Tangga Pada Anak Usia 5-6Tahun Di Desa Dukuh Krajan Rt 09 Rw 01Kelurahan DukuhKecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Satya : Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan, 34(2).
Matin, R. H, Ety Rohaety, E., Nuraeni, L., (2019) dkk. Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Awal Di TK Nusa Indah. Ceria ( Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 49.
Merinda Eka Etianingsih.(2016). Peningkatan Kemampuan Kelompok A dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 (Universitas Jember: 2016).
Mulyani, dasar-dasar, 86-87. (82)
Mulyasa, Manajemen PAUD, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014), h.16.
Musfiroh, Tadkiroatun. (2009). Jakarta : PT. Grasindo Anggota IKAPI
Nahdi & Yunita Sari, Meningkatakan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Literasi. (2019)
Neumann, M. M, Finger, G., Neumann, D, L. (2017). A Conceptual Framework for EmergentDigital Literacy. Early Chuldhood Education Journal, 45(4), 471-479. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0792-z
Noni Mulyani. 2016 Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.( yogyakarta: kalimedia, 2016), 84-85.
Nurhayati, N., Bastiana, B., & Jenny, J. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Meniru Huruf dari Media Bahan Alam di TK Negeri Pembina Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 3(1), 21-28. Pengembangan Kemampuan Keaksaraan Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Buku Cerita Budaya Lokal
Poerwadarminta, kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: BalaiPustaka, 2002), hlm. 292.
Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E.,(2019). Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerta dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Juranl Obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 548.
Ratnasari E. (2003). Skripsi: Efektivitas Penggunaan Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Menulis, (Bandung: FIP UPI, 2003), hal. 16.
Reghe, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Anak Usia 5- 6 Tahun Melalui Media Kotak Pintar Di TK Aisyiyah Layang Selatan. Universitas
Rit1a Jahiti Tanjung, Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang
Robins, Stephen. P. & Timothy A. Judge.(2008). Prilaku Organisasi. (Jakarta: selemba Empat, 2008), h. 21.
Salamah, T., & Westhisi, S. M. (2023). Pembelajaran Daring: Metode Bermain Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(2).
Sanan, Panduan PAUD, 213-214. (83)
Santrock, Upaya Meningkatkan Bahasa, (FKIP UMP, 2007), h. 353
Seefeldt, Carol dan Barbara A. Wasik.(2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: P.T Indeks.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: CV Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: CV. Alfabeta
Suharso dan Ana Retnoningsih. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Edisi Lux, Semarang: Widya Karya, 2009), hal. 226.
Sumardi, E., & Haryanto, H. (2017). Pengembangan kemampuan keaksaraan awal pada anak usia 5-6 tahun melalui buku cerita budaya lokal. Kemendikbud BPPAUD dan DIKMAS NTB.
Sutaryono. (1999). Efektifitas penggunaan media kartu terhadap hasil belajar anak. Skripsi. Yogyakarta: universitas negri Yogyakarta.
Trisniawati. (2014). “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu HurufPada Anak Kelompok B1 Tk Aba Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta,” 2014.
Yunita, N., Kurnia, R., & Chairilsyah, D. (2020). Pengaruh Media Alpabhet terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Chilshood, 3(1), 4552.
Yusrina, S. H. (2022). Analisis Empat Aplikasi Game Edukasi Untuk Mengenalkan Keaksaraan Awal Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(Vol. 1 No. 1 (1): Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta). http://repository.upi.edu/id/eprint/66800