PENGGUNAAN MEDIA KULIT KERANG TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAKKELOMPOK B DI TK OIKUMENE KABUPATENSORONG

  • Rina Wabia Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Siti Hardianti Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Media Kulit Kerang, Mengenal Angka, TK Oikumene

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan media kulit kerang dalam mengenal bentuk-bentuk angka pada  anak di TK Oikumene Kabupaten Sorong. Metode penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan anak dalam berhitung angka 1-20 sangat bervariasi, ada anak yang hanya mampu berhitung 1-10, ada anak yang mampu berhitung 1-12 dari 15 anak kelas B usia 5-6 tahun ini anak yang mampu berhitung hanya 4 orang. selebihnya masih membutuhkan bimbingan dari guru. Hasil penelitian observasi anak dari 15 anak yang aktif mengikuti pembelajaran penggunaan media kulit kerang terhadap kemampuan mengenal angka pada anak, terdapar 4 anak pada kemampuan berkembang sesuai harapan (BSH) dan sebelas anak pada kemampuan berkembang sangat baik (BSB), dengan demikian penggunaan media kulit kerang terhadap kemampuan mengenal angka pada anak TK Oikumene Kabupaten Sorong berkembang sengat baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ki Fudyartanta, 2011, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta, Pustaka Belajar
Komariah, dan satori, (2014) Metodologi Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung
Masliyah Hasibuan, 2020, Pengguaan Media Kartu Angka dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia Dini pada TK Harun Al Rasyid Pematangsiangtar” Jurnal Artikel Paudia.
Pitadjeng.2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Saniyah, N. B. 2018. Kegiatan Kolase Menggunakan Cangkang Kerang ( Studi Tindakan Kelas pada Anak Kelompok A TK Islam Terpadu Empat Mei Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017 / 2018 ).
Slamet, Suyanto. 2005. Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: DepertemenPendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. DirektoratPembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan PerguruanTinggi.
Sudaryanti.2006. Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta:Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Sugiyono, (2009) Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. UM. Pres. Malang.
Sri Rejeki, 2015, Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Sebagai Lambang Banyaknya Benda Melalui Benda Alam pada Anak Kelompok B TK Al Husnah Yogyakarta. Skripsi.
Ratnawati, R., dan Yani, A. 2020.Pelatihan pemanfaatan kulit kerang untuk barang kerajinan masyarakat daerah pesisir Kota Bontang.Berdaya: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i1.168
Widya, U. 2018. Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Usia 5-6 Tahun Di Paud Tunas Mekar Plus Tahun Pelajaran 2017 /2018.
Trianto.2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak UsiaDini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.
Wahyudi, Dwi Retna Damayanti .2005. Program Pendidikan Anak Usia Dini di Prasekolah Islam. Jakarta: PT Gramedia.
Yuliani Nurani Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks
Published
2024-01-15
Section
Articles