PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL GICI-GICI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK OIKUMENE KABUPATEN SORONG

  • Serly Sarmelina Lefteuw Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Leo Pratama Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Permainan Gici-Gic, Motorik Kasar

Abstract

Penerapan Permainan Tradisional Gici-gici dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Oikumene Kabupaten Sorong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan tradisional gici-gici dalam meningkatkan motorik kasar pada anak usia 5-6 Tahun di TK Oikumene Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat Daya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tehnik analisis data dalam penelitian ini  adalah. Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 anak, terdapat 13 anak pada kategori berkembang sangat baik 1 orang anak pada kategori mulai berkembang, 1 orang yang masih dalam kategori belum berkembang motorik kasarnya karena dipengaruhi oleh faktor lain, seperti kehadiran dalam aktivitas belajar rendah. dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan tradisional gici-gici dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak di TK Oikumene berkembang sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Fitri. 2009. Efektivitas Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kreativitas Verbal pada Masa Anak Sekolah. Surakarta: UMS.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik di TK. Direktorat Jendran Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Danim, Sudarwan. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta
Darma Andreas Ngilawajan 2019 Kajian Nilai Peluang dalam Permainan Gici-gici Sorong. Jurnal Matematika dan Terapan “Barekeng” Vol 13 No 2.
Emiliyana, Danika Martun. 2010. Peranan Permainan Gobak Sodor dalam Pengembangan Aspek Motorik dan Kognitif. Surakarta: UMS Skripsi (Tidak diterbitkan)
Ernawati, 2009. Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Penggunaan Alat Peraga. Surakarta: UMS. Skripsi.
Febri Handayani Fitri, Munastiwi Erni, 2012, Skripsi “Implementasi Permainan Tradisional diera digital dan Hubungannya dengan Pendidikan Anak Usia Dini” Universitas Banda Aceh
Juwairiah. 2016. Meuen Galah: Permainan Tradisional Aceh Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kesehatan Dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak,
Javalitera Artobatama, I. 2018. Pembelajaran Stem Berbasis Outbound Permainan Tradisional. Indonesian Journal of Primary Education, 2
Lestari, F. S., & Riadi, T. 2021. Efektivitas Permainan Tradisional Pada Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar Di Era Digital. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar.
Lukamnulhaim, 2019 Skripsi “Permainan radisional Lompat Tiunguntuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini di Desa Sekulat Kecamatan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu” Kabupaten Kapuan Hulu
Mulyasa, 2009. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murtini, 2011. Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Lempar Tangkap Bola. Surakarta: UMS. Skripsi (Tidak diterbitkan)
Parjiyem. 2013 Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Luar Kelas. Surakarta: UMS. Skripsi (Tidak diterbitkan)
Pontjopoetro, Soetoto dkk. 2003. Permainan Anak. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Siagawati, Moniqa. 2007. Mengungkap Nilai-nilai yang Terkandung dalam Permainan Tradisional. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sujono, Bambang. 2005. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta Universitas Terbuka.
Sumantri. 2015. Model Pembelajaran Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Suradi 2021, Permainan Rakyat Daerah Maluku, Penerbit: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan-Proyek Inventarisasi Dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.
Tim Penyusun Kamus PPPB. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi II. Jakarta: Balai Pustaka.
Thobrani & Fairuzal Mumtaz,. 2011 Mendongkrak Kecerdasan Anak Melalui Bermain dan Permainan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Published
2024-01-15
Section
Articles