UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI COOKING CLASS (KUE KHAS KABUPATEN TAMBRAUW) PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERMATA WERUR BESAR

  • yulce felda mambrasar Universitas Pendidikan Muhammadiya Sorong
Keywords: Bentuk geometri, cooking class

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah upaya meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui cooking class (Kue Khas Kabupaten Tambrauw) pada anak kelompok B di TK Permata Werur Besar Kabupaten Tambrauw. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian sebanyak 10 anak yang terdiri 5 laki-laki dan 5 perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal bentuk geometri melalui cooking class. Teknik pengumpulan data menggunakan penyusunan rencana, melaksanakan tindakan, mengobservasi, melakukan analisis dan refleksi terhadap hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal bentuk geometri sebanyak 7 anak berkembang sangat baik (BSB). Dan terdapat 3 anak yang mulai berkembang mengenal bentuk geometri dengan bermain peran cooking class. Kesimpulan bahwa upaya pengenalan bentuk geometri melalui cooking class pada anak kelompok B Di TK Permata Werur Besar Kabupaten Tambrauw dapat dilihat dari hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, (2018:8-10). Peningkatan Kemampuan Pengenaan Bentuk Geometri Anak dengan Permainan Media Smart Box di Paud Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang.
Arikunto, Suhardjono, dan Supardi (2007). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Cahyani, (2020:3). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Melalui Media Rainbow salt Tray di TK Amrah Galesong.
Cahyani, (2020:10). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Melalui Media Rainbow salt Tray di TK Amrah Galesong
George S. Morrison, (2012: 6). Peningkatan Kemampuan pengenalan Bentuk Geometri.
Juwita, (2010: 266). Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. Kartika Dewi, (2019:14). Peningkatan Kemampuan Mengenal Benntuk Geometri Melalui Media Jepit Geometri pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak Bahana Al-Aqsha di Sidomukti Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo.
Melita Ginting, ( 2017-2). Inventarisasi Jenis dan Resep Kue-Kue Tradisional di Kota Padang.
Muliana, (2021-3 dan 37). Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Kue Tradisional Mandar untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini 3-4 Tahun di Taman Kanak-Kanak Nurul Hikma Kombiling Kabupaten Mamaju Tengah.
Nidho Fuadiayah, 2013:15. Upaya Meningkatkan Pengenalan Geometri dengan Permainan Puzzle Bervariasi pada Kelompok B TK AL-Hikmah Randudongkal – Pemalang.

Novan, (2015:47). Peningkatan Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Melalui Metode Proyek pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng. Banda Aceh. 2019.

Nursanti (2014) “Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Mencipta Bidang Dari Kepingan Geometri Pada Kelompok B Tk IT Permata Bunda Mranggen Demak Tahun Ajaran 2014/2015.

Rustiyanti (2014) “Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Dakon Geometri Pada Anak Kelompok A Di Tk Arum Puspita Triharjo Pandak Bantul.

Suprapti, 2013: 11). Analisis Tahap Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele diTinjau dari Gaya Kognitif.

Susanto, (2011:10). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Tombokan, dkk (2014:149. Peningkatan Kemampuan pengenalan Bentuk Geometri.

Wiriaatmadja, (Rochiati. 2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Yulianti, (2019:14). Peningkata Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Melalui Metode Proyek pada anak usia 4-5 Tahun di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.
Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Universitas Terbuka. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta
Siti dan K, Nurul. 2019. Pengaruh Media Video Terhadap Perkembangan Nilai Agama Moral Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Darul Ulim Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, Volume 08, Nomor 03
Published
2024-01-15
Section
Articles