PERAN ORANG TUA TERHADAP SOSIALISASI ANAK USIA 4-5 TAHUN TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN SORONG

  • Marsince Novalia Paraibabo Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Anggita Maharani Rambe Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Peran Orang Tua, Sosialisasi Anak

Abstract

Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui peran orang tua terhadap sosialisasi anak usia 4-5 tahun TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Metode pengumpulan data lembar observasi dan angket wawancara. Berdasarkan hasil wawancara bahwa orang tua memiliki peran penting terhadap  sosialisasi anak, orang tua memberikan ruang kepada anak, untuk mengajak temannya bermain bersama, anak juga terbiasa berkomunikasi dengan orang dewasa karena orang tua aktif mengikutkan anak dalam kegiatan dengan demikian anak bergaul tanpa membeda-bedakan. Hasil penelitian melalui lembar observasi bahwa  dari 15 jumlah anak terdapat 10 anak dengan indikator berkembang sangat baik, sedangkan 4 orang anak pada indikator berkembang sesuai harapan dan terdapat 1 orang anak pada indikator mulai berkembang menurut pengamatan peneliti bahwa 1 orang anak yang ada pada kategori mulai berkembang, sehingga anak tersebut masih pada indikator mulai berkembang. Dengan demikian aspek peran orang tua terhadap sosialisasi anak usia 4-5 tahun TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong, berkembang dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arda. 2020. The role of parents in children’s learning process during the covid-19 pandemic in cultivating scientific attitudes. Musawa.
Aulia, P. 2020. Perkembangan sosial anak usia dini pada masa pandemi covid- 19. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Cayhati dan Kusumah 2020, Peranan Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaan Dirumah, Jurnal Golden Age.
Elisabeth B. Hurluck, 2007, Pekembangan Anak, Edisi keenam, Jakarta, Elangga.
Elvin, Felisya, dan Risart, 2022, Peran Orang Tua Dalam Peningkatan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun Dan Implementasinya Bagi Orang Tua Masa Kini, Jurnal Arabon.
Hardiningrum dan Firdaus. 2020. Peran orang tua dalam menstimulasi, Jakarta, Bina Insan Cita
Ihrom, 2004, Bunga rumpai Sosiologi Keluarga, Jakarta, Yayasan Obor Indonesia,
Istiadaningsih. 2021. Peran orang tua dalam mensukseskan aapembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di kelas III sekolah dasar. Journal of Elemantary School.
Karisa, 2022. Peran orang tua dalam menanamkan rasa percaya diri pada anak usia dini melalui metode bercakap-cakap di asa Pandpemi covid-19 (Vol. 19). Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Kurniati, E., 2020. Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lilawati, A. 2020. Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Makarau, Suyadi. 2022. Peran orang tua dalam mendampingi kegiatan bermain gawai pada anak. Jurnal Golden Age, 6(01)
Martini Jamaris, 2003, Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak, Jakarta, Pogam PAUD PPS UNJ
Marzuki, 2010, Metodologi Riset, Yogyakarta: Ekonisia
Musyarofah, M. 2018. Pengembangan aspek sosial anak usia dini di taman kanak-kanak aba iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1)
Nazir, Moh, 2011, Metode Penelitian, C etakan Kelima, Jakarta, Ghalia Indonesia,
Nilawati, Tadjuddin, 2015 Desain Pembelajaran Anak Usia Dini “ Teori Dan
Praktik Pembelajaran Anak Usia Dini” (Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing)
Wijayanto, A. 2020. Peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini.Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1)
Rahmawati, Yeni. 2014, Metode Pengembangan Sosial Emosional. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Rachmi, Urpiah, S. 2020. Penerapan bermain bebas dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Mekarjaya Kec.Sepatan Kab.Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini.
Rustari, 2019. Perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak- kanak Islamiyah. Jurnal: Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9)
Rohayani, F. 2020. Menjawab problematika yang dihadapi anak usia dini di masa pandemi COVID-19. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming.
Sari. 2021. Peran orang tua dalam proses penyesuaian diri anak usiadini terhadap kegiatan pembelajaran di rumah. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini DanPendidikan Anak Usia Dini, 7 (2).
Sari, Rosyidah 2019 Peran orang tua pada Kemandiian Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan, Eal Chilhood Vol. 3
Satori, Komariah, 2014.Metode PenelitianKualitatif, Bandung, Alfabeta.
Sri Lestari, 2017, Psikologi Keluarga, Jakarta: Prenada Media Group
Sugiono, 2008. ‘Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Zahara, S, 2021. Peran orang tua dalam mendampingi anak menggunakan media sosial di tengah pandemi covid-19. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik.
Published
2024-01-15
Section
Articles