DESKRIPSI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR POHON HITUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1 - 20 PADA KELOMPOK B TK YPK PNIEL MALAWELE KABUPATEN SORONG

  • Amelia Wabia Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Rokhima Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Pohon Hitung, Pengenalan Bilangan

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi penggunaan media pohon hitung terhadap kemampuan menghitung bilangan 1-20 pada kelompok B TK YPK Pniel Kabupaten Sorong telah mengalami peningkatan yang sangat baik, ini terbukti dengan taraf keberhasilan anak dalam menyusun, mengelompokkan dan menghitung bentuk bilangan,terdapat 8 anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan terdapat 2 anak pada kategori Berkembang sesuai Harapan (BSH).Berdasarkan hasil wawancara, bahwa penggunana media pohon hitung membuat anak menjadi bersemangat, aktif, menumbuhkan konsentrasi, pantang menyerah dan mengenal bilangan satuan hingga puluhan bilangan pada anak masih berkembang dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriani, 2021.Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Mengenal Bilangan pada Anak Kelompok A. Jurnal Golden Age. Universitas Anzamarwardi.

Augusta. 2012. Usia ibu dalam pemberian ASI Ekslusif. Jurnal Gizi Klinik.
Depdiknas 2007. Pedomam Pembelajaran Berhitung Pada Anak Usia Dini, Jakarta, Depdiknas.
Depdiknas.2009. Peraturan Meteri Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakrta. Depdiknas
Guslinda, 2018, Mediia Pembelajaran pada Anak Usia Dini, Surabaya, Publisihing Jagad.
Mukhtar Latif, 2013. Pendidikan Anak Usia Dini, Jakrta. Permata Media Group
Novianti,2015.Pengembangan Permainan Roda Putar untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Nurahmadani.2017. Penggunaan Gedget pada Anak Usia Dini. Jurnal Komunikasi. Bandar Lampung. Lampung.
Wahyuni dan Ali,2016.Peningkatan kemampuan berhitung anak Melalui Permainan Pohon Nitung Usia 4-5 Tahun.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Untan.
Wanda Kholida Putri.2022. Pengaruh Permainan Pohon Hitung Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Al-Hidayah Jakarta Selatan. Skripsi.
Rahayu dkk. 2019. Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. Universitas Hamzanwadi
Sarmanu, 2017.Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Statistika, Srabaya. Erlanga.
Susanto. 2015. Pengantar dalam berbagai Aspek Perkembangan Kognitif Anak, Jakarta. Kencana
Sujiono, 2008. Materi Pokok Pengembangan Kognitif Anak. Jakarta, Universita Terbuka.
Sugiyono, 2010.Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung. Alfa Beta. Tim Penyusun Bahan Ajar 2019.
Published
2024-01-15
Section
Articles