MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK YPK PNIEL MALAWELE KABUPATEN SORONG

  • Agrice Inam Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mersi Axelina Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Siti Hardianti Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Kemampuan Bahasa, Metode Bernyanyi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian classroom action reseach atau penelitian tindakan kelas (PTK) karena peneliti bertindak secara langsung mulai dari awal sampai akhir tindakan. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) pada Pratindakan, Siklus I petemuan I dan II, maupun siklus II pertemuan I dan II serta analisis yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti, dapat ditarik kesimpulan. kemampuan berbicara anak melalui metode yang diajarkan kepada anak yaitu dengan metode bernyanyi, maka ditemukan nilai yang sangat bervariasi mulai dari pra tindakan nilai 40% hal ini yang menjadi bahan perbaikan dari siklus I dan telah memperoleh nilai 75%,  karena nilai ini masih belum sesuai yang diharapkan dan dilanjutkan pada siklus II dan telah mencapai nilai 95%. Pada aspek kemampuan peran guru atau peneliti dalam pengelolaan kelas sudah sangat baik, ini terlihat dari perolehan hasil yang sudah sangat baik, dan nilai yang diperoleh sebagai upaya meningkatkan peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui metode bernyanyi pada anak Kelompok B di TK YPK PNIEL Malawele Kabupaten Sorong sudah berkembang sangat baik (BSB).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, Yus. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Kencana.
Hildayani, Rini, dkk. 2011. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Masitoh, dkk. (2005). StrategiPembelajaran TK.Jakarta :Pusat Penerbit Universitas Terbuka
Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta:PT Asdi Mahasatya
Pekerti, Widia, dkk. Metode Pengembangan Seni , Tangerang Selatan:Universitas Terbuka, 2015.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (2014)
Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi.PenelitianTindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara. (2007)
Undang - Undang Nomor 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
Campbell.2003. Metode dalam Bernyanyi. Jakarta: Erlangga
Masruroh, Farhatin, 2014 “Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Melalui Pendekatan Beyond Centers And Circle Time (BCCT)”, Jurnal, Fakultas Tarbiyah IAI Ibrahimy Situbondo, Vol. 6, No. 2, Desember.
Masganti. 2015. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Tersedia di: http://repository.uinsu.ac.id/isi-psikologi-perkembangan-anak-usia-dini. Diakses tanggal 12Juni 2023.
Sari, Lukita, Dewi. 2006. Pengembangan Tari Kreasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di TK Dharma wanita II Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota, Skripsi
Sujiono, Yuliani. (2009). Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta
Siti dan K, Nurul. 2019. Pengaruh Media Video Terhadap Perkembangan Nilai Agama Moral Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Darul Ulim Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, Volume 08, Nomor 03
Published
2024-06-05
Section
Articles