DESKRIPSI MENANAMKAN NILAI KARAKTER DISIPLINPADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN SORONG

  • Anace Warijo Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mersi Axelina Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Syams Kusumaningrum Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Nilai Karakter, Disiplin

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pendekatan deeskripsi kualitatif dengan memakai metode studi kasus, penelitia Kualitatif, peneliti dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 anak bahwa pada anak-anak tersebut kecenderungannya dalam indikator selalu datang tepat waktu terlihat 1 anak mulai berkembang (MB), 8 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 6 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator dapat memperkirakan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tepat waktu terlihat 10 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 5 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator mengikuti aturan terlihat 4 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 11 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator bersabar menunggu giliran terlihat 3 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 12 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator menyadari bahwa ia melangar aturan terlihat 5 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 10 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator mengembalkan benda pada tempatnya terlihat 7 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 8 anak berkembang sangat baik (BSB). Hal ini membuktikan bahwa guru sudah mampu menanamkan nilai karakter disiplin secara optimal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu K. (2019). Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bengkulu:Nur hidayat.
Bisri, Mustofa. (2022). Anak Di Usia Emas. Yogyakata: Dinsos@Kulonprogkab.Go. Id
Cristina. (2014). Memaparkan beberapa mafaat manfaat disiplin pada anak usia dini
Dina, J. (2022). Deskripsi Karakter Disiplin Anak Di TK Insan Bangsa Inderapura Kabupaten Pesisir Selatan: Karakter Disiplin, Anak Usia Dini.TK. Batusangkar.
Fadlillah, M. dan Lilif, M.K. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fitra.(2017). Metode studi kasus adalah penelitian eksplorasi mendalam dari sistem terikat berdasarkan pengumpulan data yang luas.
Hanik, M.R.H.,J. (2022).Penanaman Karakter Disiplin Pada Anak Usia5-6 Tahun di Pondok Pesantren.( Kumara Cendekia Vol :10 No. 2. 2022)
Huda Batu Samban Lombak Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Mataram: Kurratul.
Himmatul, C. (2020). Menanamkan Nilai Karakter Kejujuran Melalui Permainan Tradisional Gobag Sodor Pada Kelompok B. Jember:Drs,H.D.Fajar Ahwa.
Hadila, A.M.W. Pendidikan Karakter Disiplin Pada Anak Usia 5-6 Tahun. (2014) : Jurnal
Imron. (2012). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Aisyiyah Allu Kabupaten Jeneponto
Kurratul, A. (2020). Menanamkan Nilai Karakter Disiplin Di Madrasah Aliyah Nujumul Kementrian Pendidikan Nasional Panda Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta:Kemendiknas
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung : Nusa Indah
Macgfiroh L. D. S. E. & R. A. R. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di TK Aisyiyah Butanul Athfal 33 Kota Malang : Jurnal Pendidikan Nonformal Vol.XIV, No. 1, Maret 2019.
Moleong.(2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisis Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nurafni, P. I.(2022). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Aisyiyah Allu K abupaten Jeneponto. Makasar: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Universistas Muhammadiyah Makasar.
Ningsi, B.M.dan Widihart, C.A.(2014). Peningkatan Disiplin Siswa Dengan Layanan Informasi Media Film. Jurnal Pendidikan.Vol (3). No (1). ISSN 2406-8691.
Nungroho, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar: Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar. Vol (3). No (2). E-ISSN 2614-1620.
Nikawati, gia. (2015) Pendidikkan Karakter Disiplin Pada Anak Usia Dini.
Http://repository.upi.edu/.
Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta CV. Sujiono, Y. N. dan Eriva
Sperkembangan Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: Pusdiani Press (Pusat Studi Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta).
Tuu,T. (2014). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa . Jakarta : Grasindo.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter anak usia dini (strategi membangun karakter di usia emas): Yogyakarta. Pustaka pelajar
Wiyani, A.N. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Published
2024-06-05
Section
Articles