DESKRIPSI KEGIATAN PEMBELAJARAN SAINS MELALUI MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BIAK
Abstract
Memahami dunia sains, mendapatkan pengalaman belajar yang lebih bermakna, dan mengembangkan minat serta motivasi jangka panjang terhadap sains, semuanya dibantu dengan memperkenalkan anak-anak pada konsep dan teknologi dasar sains sejak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melaporkan pelaksanaan kegiatan berbasis sains dengan daun alam pada siswa kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Biak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Peneliti menemukan hal- hal berikut tentang kemampuan umum anak dalam kegiatan ilmiah melalui observasi dan wawancara: a). Tujuh anak menunjukkan tanda-tanda perkembangan, tiga anak tumbuh normal, dan satu anak tertinggal. Kesimpulan: 6 anak berada pada jalur perkembangannya, 3 anak baik, 1 anak mengalami kemajuan, dan 1 anak masih tertinggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7 anak menunjukkan tanda-tanda perkembangan, 3 anak berada pada jalur yang benar, dan 1 anak masih tertinggal. Diketahui bahwa dari 11 anak, 10 orang menunjukkan tanda-tanda perkembangan dan 1 orang tidak. Keterampilan harapan dan seorang pemuda yang belum mampu mengamati, melakukan, menemukan, mencari tahu, dan melaporkan temuannya masih perlu dikembangkan.
Downloads
References
Asmariani, 2016. Konsep Media Pembelajaran PAUD, ( Universitas Islam Indragiri,) Jurnal Al-Afkar Vol. 5 No. 1, h. 27.
Charlesworth, K & Lind. (2017). Math and Science for Young Children. United States of America:
WARDWORTH Cendage Learning.
Chayat. (2010). Manfaat Bahan Sisa dan Bahan Alam sebagai Media Bermain. Diperoleh 8 Nopember 2011. Daryanto, 2010. Media Pembelajaran, Gava Media : Yogyakarta
DS Winarni. 2017. Analisis Kesulitan Guru Paud Dalam Membelajarkan IPA Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, Vol.5. No.1: 2017
Firdaus, L., & Mirawati, B. (2017). “Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran: Suatu Tinjauan Teoretis”.
Jurnal Ilmiah Osf, 1, 1–4.
Guslinda, Rita Kurnia, 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, (Surabaya, : CV. Jakad Publishing. Indonesia, R. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
Imas Istiqomah. 2020. Pemanfaatan Media Pembelajran Sains Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Goemerlang Sukarame. Bandar Lampung.
Ira Arini & Ayu Fajarwati, Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini, Jurnal Ilmiah PTK PNF Vol. 15 No. 2, Desember 2020.
Kasmawati. 2020. Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Media Bahan Alam dengan menggunakan Biji-bijian Di KLP B TK Dharma Wanita Parenring Kec.Tanete Riaja Kabupaten Barru
Kustandi, Cecep dan Bambang, Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghali Indonesia
Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Rawamangun:Jakarta Indonesia
Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, 2002,
Mariana & Praginda, W. (2009).Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung: PPPPTK IPA.
Maya Laela Sari (2021). Implementasi Metode Eksperimen untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini, Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Titrayasa. Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan” Jakarta : Prenada Media
Group
Nadia Fauziah. 2013. Penggunaan Media Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak, (PG PAUD FIP Universitas Negeri Jakarta,2013): Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI-Vol.8 No.1. Juni 2013.
Nugraha, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation. (2017). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.
Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (Vol 1 No 1 (2017): Paud Lectura), 49–57.
Ria Yukananda. 2012. Penggunaan Media Bahan Alam dalam Peningkatan Keterampilan Mencetak Timbul.
Kebumen.
Santosa. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Slamet Suyanto. (2005). Pembelajaran Anak TK. Jakarta: Depdiknas
Standard Pendidikan Anak Usia Dini (PERMENDIKNAS NO.58 TAHUN 2020)
Sudjana, H. (2011). Mengenal Macam-Macam Benda Teknik (Engineering Teknik). Diperoleh 10 Nopember 2011.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta Sugiyono. 2018.
Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta Toharudin, U, dkk. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora
Trundle, Kathy. C. (2009).Teaching Science during the Eraly Childhood Years.National Geographic, Hampton Brown.
Vanni Miza Oktari, Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak – kanak Kartika I-63 Padang, (Universitas Negeri Padang, 2017) Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No