UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KANTONG HURUF PADA KELOMPOK B DI SPS BAITUL ASYILLAH WAISAI KABUPATEN RAJA AMPAT)
Abstract
: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kantong Huruf pada Anak Kelompok B di SPS Baitul ArsyillahWaisai Kabupaten Raja Ampat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B di SPS Baitul arsyillah Waisai Kabupaten Raja Ampat dengan anak yang berjumlah 8 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan lembar checklist. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar penilaian checklist. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis faktor proses dan faktor hasil. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80% dari 8 anak meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara bertahap pada kemampuan membaca permulaan melalui kantong huruf. Meningkatkan kemampuan membaca permulaan berdasarkan dari indikator kemampuan membaca permulaan. Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kantong huruf dalam pelaksanaan Pra tindakan 25%, dan pada Siklus I meningkat menjadi 50%, karena masih kurang dari kriteria keberhasilan maka dilakukan siklus II meningkat menjadi 87,5%. Dengan perolehan tersebut maka penelitian dihentikan karena telah mencapai kriteria keberhasilan
Downloads
References
Acep Yoni, Herry Purwanto & Sri Kunthi Ambarwati. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.
Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.
Arief S. Sadiman, R. Rahardjo, Anung Haryono, dan Rahardjito. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arif S. Sadiman, dkk. 1990. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannaya. Jakarta: CV. Rajawali