PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA KELOMPOK B TK MAWAR WAISAI KABUPATEN RAJA AMPAT
Abstract
Untuk mengetahui kemampuan anak atau peserta didik dalam berbahasa yang baik dan benar pada TK Mawar Waisai Raja Ampat maka dilakukanlah penelitian lapangan agar memperolah hasil yang sesuai dengan data yang ada. TK Mawar Waisai Raja Ampat telah menerapkan pola belajar melalui metode bercerita pada anak atau peserta didiknya dan telah menunjukan hasil yang sangat baik. Subjek dalam penelitian adalah siswa siswi kelas B yang berjumlah 15 orang dan juga 2 (dua) orang guru TK Mawar. Yang mana peneliti melakukan observasi awal terhadap 15 orang anak dimana anak disuruh bercerita di depan kelas, dan peneliti juga mengajukan pertanyaan untuk 2 (dua) orang guru. Hasil yang didapat dari penelitian pertama anak atau peserta didik masih kurang dalam berbahasa atau bercerita yang baik dan benar sebab masih memiliki kebiasaan menggunakan bahasa sehari- hari atau dengan istilah lain yaitu bahasa ibu. Sedangkan penelitian kedua bahasa anak atau peserta didik mengalami peningkatan yang mana dapat terlihat dari tabel 4.2.2.1 pada halaman 48 yang menunjukan peningkatan 93% (sembilan puluh tiga persen) kemampuan anak dalam berbahasa yang baik dan benar, dan dari hasil wawancara bersama 2 (dua) orang guru TK Mawar Waisai peneliti dapat menyimpulkan bahwa peran guru sangatlah penting dalam proses perkembangan bahasa anak sehingga anak dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar serta percaya diri saat berinteraksi dengan sesama teman.
Downloads
References
Hawi, Akmal. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Iswan & Herwina. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter. Perspektif Islam dalam Era Milinial. Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Mulyasa, H.E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wiyani, Novan Ardy & Barnawi. 2016. Format PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media