DESKRIPSI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN HALANG RINTANG ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN SORONG

  • Venny Warijo Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Hermaman Hermaman Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Motorik Kasar, Halang Rintang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melalui bermain halang rintang kemampuan motorik kasar anak dapat meningkat. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskritif. Metode pengumpulan data melalui observasi dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukan hasil yang diperoleh bahwa dengan implementasi bermain halang rintang kemampuan motorik kasar pada anak dapat mulai berkembang hal itu terlihat dari 15 orang anak yang ditemui sudah ada 10 orang anak yang sudah berkembang sesuai harapan sedangkan 5 orang anak lainya mulai dalam tahap perkembangan, pada kegiatan melewati rintangan dapat secara signifikan membantu dalam pengembangan kemampuan motorik kasar pada anak-anak. Dengan demikian bermain halang rintang dapat membantu kemampuan motorik kasar anak pada usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong berkembang sesuai harapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusriani, A. (2015). Kepercayaan Diri Melalui Bermain Gerak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 1–18.
Aida, F. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar pada Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhah, IV(2).
Audina, S., & Sutapa, P. (2020). Permainan Halang Rintang untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini yang Mengalami Obesitas. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 30–37. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20864
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Febrianta, Y. (2016). Alternatif Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Dengan Aktivitas Akuatik (Berenang). Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 85–95. http://ejournal.uin-uka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/vi
Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 195–200.
Mahmud, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359
Niswah, M. (2016). Permainan Halang Rintang Terhadap Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(1), 1- 10.
Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12
Rahayu, S. (2013). Aktivitas Bermain Halang Rintang Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Tk Salsabilah Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 1–9.
Septiati, E. (2018). Kata Kunci : Analisis Proses Berpikir Kombinatorik Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis, 207–221. https://bit.ly/35bBbfE
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.
Published
2024-06-05
Section
Articles