https://unimuda.e-journal.id/JurnalPAUD/issue/feed BEGINNER EDUCATION JOURNAL (BEJo) 2024-06-10T00:00:00+00:00 Isnaini Eddy Saputro isnaini1712@gmail.com Open Journal Systems <p>to know more the parenting knowledge</p> https://unimuda.e-journal.id/JurnalPAUD/article/view/5387 MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK YPK PNIEL MALAWELE KABUPATEN SORONG 2024-06-05T09:19:14+00:00 Agrice Inam agriceinamicheagriceinamich@gmail.com Mersi Axelina mersiaxelina@unimudasorong.ac.id Siti Hardianti sitihardianti@unimudasorong.ac.id <p>Penelitian ini adalah penelitian <em>classroom action reseach</em> atau penelitian tindakan kelas (PTK) karena peneliti bertindak secara langsung mulai dari awal sampai akhir tindakan. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) pada Pratindakan, Siklus I petemuan I dan II, maupun siklus II pertemuan I dan II serta analisis yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti, dapat ditarik kesimpulan. kemampuan berbicara anak melalui metode yang diajarkan kepada anak yaitu dengan metode bernyanyi, maka ditemukan nilai yang sangat bervariasi mulai dari pra tindakan nilai 40% hal ini yang menjadi bahan perbaikan dari siklus I dan telah memperoleh nilai 75%,&nbsp; karena nilai ini masih belum sesuai yang diharapkan dan dilanjutkan pada siklus II dan telah mencapai nilai 95%. Pada aspek kemampuan peran guru atau peneliti dalam pengelolaan kelas sudah sangat baik, ini terlihat dari perolehan hasil yang sudah sangat baik, dan nilai yang diperoleh sebagai upaya meningkatkan peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui metode bernyanyi pada anak Kelompok B di TK YPK PNIEL Malawele Kabupaten Sorong sudah berkembang sangat baik (BSB).</p> 2024-06-05T08:58:21+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/JurnalPAUD/article/view/5389 DESKRIPSI MENANAMKAN NILAI KARAKTER DISIPLINPADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN SORONG 2024-06-05T09:19:15+00:00 Anace Warijo anacewarijo301@gmail.com Mersi Axelina mersiaxelina@unimudasorong.ac.id Syams Kusumaningrum syams.big@gmail.com <p>Jenis penelitian ini adalah penelitian pendekatan deeskripsi kualitatif dengan memakai metode studi kasus, penelitia Kualitatif, peneliti dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 anak bahwa pada anak-anak tersebut kecenderungannya dalam indikator selalu datang tepat waktu terlihat 1 anak mulai berkembang (MB), 8 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 6 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator dapat memperkirakan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tepat waktu terlihat 10 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 5 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator mengikuti aturan terlihat 4 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 11 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator bersabar menunggu giliran terlihat 3 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 12 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator menyadari bahwa ia melangar aturan terlihat 5 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 10 anak berkembang sangat baik (BSB). Indikator mengembalkan benda pada tempatnya terlihat 7 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 8 anak berkembang sangat baik (BSB). Hal ini membuktikan bahwa guru sudah mampu menanamkan nilai karakter disiplin secara optimal</p> 2024-06-05T09:02:50+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/JurnalPAUD/article/view/5395 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KANTONG HURUF PADA KELOMPOK B DI SPS BAITUL ASYILLAH WAISAI KABUPATEN RAJA AMPAT) 2024-06-05T09:19:16+00:00 Sariyanti Sariyanti yantisariyanti02@gmail.com Yolan Marjuk yolanmarjuk@unimuda.ac.id Siti Hardianti sitihardianti@unimudasorong.ac.id <p><strong>: </strong>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan&nbsp; Membaca Permulaan&nbsp; Melalui Media Kantong&nbsp; Huruf pada Anak Kelompok B di SPS Baitul ArsyillahWaisai Kabupaten Raja Ampat<strong><em>. </em></strong>Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B di SPS Baitul arsyillah Waisai Kabupaten Raja Ampat dengan anak yang berjumlah 8 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan lembar checklist. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar penilaian checklist. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis faktor proses dan faktor hasil. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80% dari 8 anak meningkatkan kemampuan membaca&nbsp; permulaan dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara bertahap pada kemampuan membaca permulaan melalui kantong huruf. Meningkatkan kemampuan membaca permulaan berdasarkan dari indikator kemampuan&nbsp; membaca permulaan. Upaya meningkatkan&nbsp; kemampuan membaca permulaan melalui media kantong huruf dalam pelaksanaan Pra tindakan 25%, dan pada Siklus I meningkat menjadi 50%, karena masih kurang dari kriteria keberhasilan maka dilakukan siklus II meningkat menjadi 87,5%. Dengan perolehan tersebut maka penelitian dihentikan karena telah mencapai kriteria keberhasilan</p> 2024-06-05T09:07:45+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/JurnalPAUD/article/view/5397 PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA KELOMPOK B TK MAWAR WAISAI KABUPATEN RAJA AMPAT 2024-06-05T09:19:16+00:00 Sri Patmi sripatmi0208@gmail.com Nur Rokhima nurrokhima@unimudasorong.ac.id Kartika Tiara Syarifuddin kartika@unimudasorong.ac.id <p>Untuk mengetahui kemampuan anak atau peserta didik dalam berbahasa yang baik dan benar pada TK Mawar Waisai Raja Ampat maka dilakukanlah penelitian lapangan agar memperolah hasil yang sesuai dengan data yang ada. TK Mawar Waisai Raja Ampat telah menerapkan pola belajar melalui metode bercerita pada anak atau peserta didiknya dan telah menunjukan hasil yang sangat baik. Subjek dalam penelitian adalah siswa siswi kelas B yang berjumlah 15 orang dan juga &nbsp;2 (dua) orang guru TK Mawar. Yang mana peneliti melakukan observasi awal terhadap 15 orang anak dimana anak disuruh bercerita di depan kelas, dan peneliti juga mengajukan pertanyaan untuk 2 (dua) orang guru. Hasil yang didapat dari penelitian pertama anak atau peserta didik masih kurang dalam berbahasa atau bercerita yang baik dan benar sebab masih memiliki kebiasaan menggunakan bahasa sehari- hari atau dengan istilah lain yaitu bahasa ibu. Sedangkan penelitian kedua bahasa anak atau peserta didik mengalami peningkatan yang mana dapat terlihat dari tabel 4.2.2.1 pada halaman 48 yang menunjukan peningkatan 93% (sembilan puluh tiga persen) kemampuan anak dalam berbahasa yang baik dan benar, dan dari hasil wawancara&nbsp; bersama 2 (dua) orang guru TK Mawar Waisai peneliti dapat menyimpulkan bahwa peran guru sangatlah penting dalam proses perkembangan bahasa anak sehingga anak dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar serta percaya diri saat berinteraksi dengan sesama teman.</p> 2024-06-05T09:11:17+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/JurnalPAUD/article/view/5406 DESKRIPSI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN HALANG RINTANG ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN SORONG 2024-06-05T09:19:18+00:00 Venny Warijo Vennywarijo30@gmail.com Yolan Marjuk yolanmarjuk@unimuda.ac.id Hermaman Hermaman hermamann@unimudasorong.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah melalui bermain halang rintang kemampuan motorik kasar anak dapat meningkat. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskritif. Metode pengumpulan data melalui observasi dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukan hasil yang diperoleh bahwa dengan implementasi bermain halang rintang kemampuan motorik kasar pada anak dapat mulai berkembang hal itu terlihat dari 15 orang anak yang ditemui sudah ada 10 orang anak yang sudah berkembang sesuai harapan sedangkan 5 orang anak lainya mulai dalam tahap perkembangan, pada kegiatan melewati rintangan dapat secara signifikan membantu dalam pengembangan kemampuan motorik kasar pada anak-anak. Dengan demikian bermain halang rintang dapat membantu kemampuan motorik kasar anak pada usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong berkembang sesuai harapan.</p> 2024-06-05T09:15:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/JurnalPAUD/article/view/5419 AKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE ANGKA DALAM MENGENALKAN LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN SORONG 2024-06-05T09:19:18+00:00 Wefiana Anita Wabia wefianawabia1323@gmail.com Nur Rokhima nurrokhima@unimudasorong.ac.id Yolan Marjuk yolanmarjuk@unimuda.ac.id <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas penggunaan medi,a <em>Puzzle</em> angka dalam mengenalkan bilangan pada anak kelas B di TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pengamatan, wawancara dan telaah dokumen untuk menarik sebuah kesimpulan dari hasil yang sudah diperoleh. Hasil penelitian observasi dan wawancara tentang aktivitas penggunaan media <em>puzzle </em>angka dalam mengenalkan lambang bilangan pada anak kelas B di TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong. Dari hasil wawancara ditemukan bahwa dalam belajar pengenalan bentuk-bentuk bilangan guru hanya mengacu pada lembar kerja anak (LKA) sehingga anak kurang berkembang dalam mengenal bentuk bilangan.Hasil penialian lembar observasi ditemukan bahwa.Dari jumlah 15 anak yang mengikuti aktivitas belajar selama penelitian peneliti menekuna hasil yang berbeda dari sebemnya yaitu 13 anak pada kategori berkembang sangat baik (BSB) dan 2 orang anak dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) perkembangan 2 orang anak ini menurut peneliti karena dipengaruhi oleh faktor lain seperti anak terkadang kurang fokus dan masih sering bermain dan menganggu temannya saat belajar. Dengan demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti melalui pembelajaran dan lembar penilaian observasi pada aktivitas penggunaan media <em>puzzle</em>angka dalam mengenalkan bilangan pada anak di kelas B TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong mendapatkan hasil yang baik.</p> 2024-06-05T09:18:40+00:00 ##submission.copyrightStatement##