https://unimuda.e-journal.id/THEOREMA/issue/feed THEOREMA: The Journal Education of Mathematics 2024-08-19T10:21:52+00:00 Suhartini Sumadi suhartini.sumadi@gmail.com Open Journal Systems <p>Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang Pendidikan Matematika. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juli dan Desember.</p> <p><strong>e-ISSN : 2745-9381</strong></p> https://unimuda.e-journal.id/THEOREMA/article/view/5399 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Kelas Vii Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) 2024-07-31T07:30:04+00:00 ike handayani ikehandayani741@gmail.com Heny Sri Astutik heny.unimudasorong@gmail.com Mukhlas Triono mukhlas.triono@unimudasorong.ac.id <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pemecahan soal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas VII SMP IT Al-ghuroba Kabupaten Sorong. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan studi kasus yang bersifat kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP IT Al-ghuroba sebanyak 3 orang dengan kemampuan matematika tertinggi di kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu <em>posttest</em>, dengan 3 butir soal uaraian dan wawancara tidak terstruktur, setelah semua data terkumpul dilakukan dianalisis secara deskriptif oleh peneliti. Hasil penelitian dari tes kemampuan berpikir kritis matematis serta wawancara, terdapat 2 kategori siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis matematis. Kategori siswa yang memiliki hasil tes tertinggi dalam kemampuan berpikir kritis matematis atas nama H2 (Z) dan H3 (S), sedangkan untuk kategori kemampuan berpikir kritis matematis tingkat rendah yaitu H1 (F). Kemampuan berpikir kritis matematis yang diperoleh berdasarkan kriteria berpikir kritis matematis pada 2 kategori yaitu tinggi dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kemampuan berpikir kritis pada kategori tinggi mampu memenuhi kriteria berpikir kritis matematis dengan baik dan tepat 2) Kemampuan berpikir kritis matematis pada kategori rendah mampu memenuhi kriteria berpikir kritis matematis dengan cukup baik namun kurang tepat.</p> <p><strong>Kata Kunci&nbsp; : </strong>kemampuan berpikir kritis matematis sistem persamaan linear dua variabel<em>.</em></p> 2024-07-31T07:30:04+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/THEOREMA/article/view/6328 PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA KRISTEN TNS 2024-08-05T02:34:34+00:00 Mila Karmila Sidik milasidik19@gmail.com Emy Sohilait emysohilait@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Kristen TNS yang valid, praktis dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kristen Teon Nila Serua. Tahapan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yakni <em>Analysis</em>, <em>Design</em>, <em>Development</em>, <em>Implementation</em> dan <em>Evaluation</em>. Hasil penelitian dapat diperoleh pada instrumen kevalidan berupa angket validasi ahli materi dan ahli media dengan memperoleh nilai persentase 77,89% dengan kategori valid, instrumen kepraktisan berupa angket respon guru dan siswa dengan memperoleh nilai persentase 87,04% dengan kategori praktis, sedangkan efektifitas LKS dapat ukur menggunakan soal tes kemampuan pemecahan masalah siswa dengan rerata presentase <em>N-Gain score </em>adalah sebesar 60,08% dengan tafsiran efektifitas <em>N-Gain</em> yaitu cukup efektif. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKS berbasis masalah kontekstual yang dikembangkan menghasilkan LKS yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.</p> 2024-08-05T02:34:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/THEOREMA/article/view/6835 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis 2024-08-19T10:21:52+00:00 Chumaedi Sugihandardji chumaedis@gmail.com Ahmad Ahmad ahmad@gmail.com Gunawan Gunawan gunawan@gmail.com Novitasari Sistyaningsih novitasari@gmail.com <p>Studi ini mengkaji analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas&nbsp;VIII B SMP Negeri 2 Sokaraja dengan melihat kecerdasan logis matematis. Penelitian ini adalah&nbsp;jenis penelitian kualitatif. Peneliti mengkategorikan siswa dalam tiga kategori: tinggi, sedang,&nbsp;dan rendah berdasarkan kecerdasan logis matematis mereka. Metode sampling purposive&nbsp;digunakan untuk mengumpulkan sampel dari tiga siswa yang memiliki tingkat kecerdasan logis&nbsp;dan matematis yang berbeda. Angket, tes, dan wawancara adalah metode pengumpulan data.&nbsp;Penelitian ini menggunakan teknik analisis data seperti reduksi, penyajian, dan kesimpulan.&nbsp;Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memecahkan masalah, siswa dengan kecerdasan <br>logis dan matematis tinggi mampu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian&nbsp;masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, melihat dan meneliti kembali jawaban.&nbsp;Siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah mampu memahami masalah dan&nbsp;merencanakan penyelesaiannya, sedangkan siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis&nbsp;sedang mampu memahami masalah.</p> 2024-08-05T02:35:28+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/THEOREMA/article/view/5313 Penalaran Deduktif Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Geometri Bidang Ditinjau Dari Perbedaan Gender 2024-08-05T02:36:19+00:00 Anastasia Abubakar anastasyha126@gmail.com Sahidi Sahidi sahidi@unimudasorong.ac.id Mukhlas Triono mukhlas.triono@unimudasorong.ac.id <p><strong>Abstrak: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah geometri bidang ditinjau dari perbedaan gender di Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, wawancara, dokumen, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran deduktif mahasiswa matematika yang ditinjau dari perbedaan gender memenuhi beberapa indikator. Indikator penalaran deduktif, yaitu: (1) membuat pernyataan umum, (2) membuat pernyataan khusus, (3) menarik kesimpulan secara&nbsp; deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa laki-laki memiliki indikasi cukup baik dalam penyelesaian masalah pada nomor 1 karena memenuhi 2 dari 3 indikator penalaran deduktif, dan memiliki indikasi cukup baik juga penyelesaian masalah pada nomor 2 karena memenuhi 2 dari 3 indikator penalaran deduktif,&nbsp; serta memiliki indikasi kurang baik dalam penyelesaian masalah pada nomor 3 karena memenuhi 1 dari 3 indikator penalaran deduktif. Sedangkan mahasiswa perempuan memiliki indikasi baik dalam penyelesaian masalah pada&nbsp; nomor 1 karena memenuhi semua indikator penalaran deduktif, dan memiliki indikasi kurang baik dalam penyelesaian masalah pada nomor 2 karena hanya memenuhi 1 dari 3 indikator penalaran deduktif, serta memiliki indikasi kurang baik juga dalam penyelesaian masalah pada nomor 3 karena memenuhi 1 dari 3 indikator penalaran deduktif.</p> <p><strong>Kata Kunci&nbsp; : </strong>Kemampuan penalaran deduktif, geometri bidang, perbedaan gender.</p> 2024-08-05T02:36:18+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/THEOREMA/article/view/5434 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ARCS Terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik 2024-08-05T02:37:30+00:00 Anisa Dewi Safitri anisadwsftr211@gmail.com Surya Putra Raharja ruangdosen14@gmail.com Heny Sri Astutik heny.unimudasorong@gmail.com <p>Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan penalaran peserta didik apakah adanya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan penalaran peserta didik atau tidak adanya pengaruh. Penelitian ini merupakan jenis penelitia Pre Experimental dengan desain One Group Pretest Posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah peseerta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Sorong yang terdiri dari 11 kelas dan di pilih secara acak satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII I. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 3 Kota Sorong sebelum adanya perlakuan dengan nilai pretest 42,88 dan dengan sesudah diberikannya perlakuan dengan nilai posttest 83,44. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan penalaran peserta didik dikelas VIII I SMP Negeri 3 Kota Sorong.<br>Kata Kunci : Model Pembelajaran ARCS, Kemampuan penalaran peserta didik.</p> 2024-08-05T02:37:30+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/THEOREMA/article/view/6493 Pengembangan Modul Berbasis ICT Menggunakan Quipper School Materi Pelaku Kegiatan Ekonomi Kelas X SMA 2024-08-05T03:29:49+00:00 Gika Apia gikaapia@unimudasorong.ac.id Nyi Imasari nyiimasari13@gmail.com Leo Pratama leo@unimudasorong.ac.id <p><strong>Abstrak: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ekonomi berbasis ICT menggunakan E-Learning Quipper School yang memenuhi kriteria valid pada materi pelaku kegiatan ekonomi dan untuk mengetahui respon siswa terhadap modul ekonomi berbasis ICT menggunakan E-Learning Quipper School. Penelitian ini dilakukan di SMA N 4 Kota Jambi pada siswa kelas X IIS dengan sampel sebanyak 33 orang. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul ekonomi berbasis ICT menggunakan E-Learning Quipper School pada materi pelaku kegiatan ekonomi dinyatakan Layak untuk digunakan sebagai bahan ajar maupun referensi tambahan mata pelajaran ekonomi pada materi pelaku kegiatan ekonomi oleh siswa kelas X SMA N 4 Kota Jambi, dengan Proses validasi validasi yang dilakukan oleh ahli desain, materi dan media. Proses validasi oleh ahli desain mendapatkan persentase kualitas sebesar 78% dalam kategori “baik”. Validasi ahli materi mendapatkan persentase kualitas sebesar 88,46% dalam kategori “sangat baik”. Kemudian dari hasil validasi ahli media diperoleh persentase kualitas sebesar 80% dalam kategori “baik”. Penilaian pengembangan produk dilakukan uji coba produk pada guru bidang studi, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Pada guru bidang studi diperoleh persentase kualitas sebesar 91,43 % dalam kategori “sangat baik”. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh skor sebesar 595 dengan persentase sebesar 79,33% dalam kategori “baik”. Sedangkan uji coba kelompok besar dilakukan pada 33 orang siswa di kelas X IIS 3 tahun ajaran 2016/2017 dengan perolehan skor sebesar 1385 dengan persentase 83,94% dalam kategori “baik” sehingga hal ini menunjukkan adanya respon positif dari siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Modul</em> <em>Berbasis ICT, E-learning Queipper School.</em></p> 2024-08-05T02:38:08+00:00 ##submission.copyrightStatement##