PROSPEK PENGEMBANGAN HORTIKULTURA DI PROVINSI PAPUA BARAT DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Sitti Hadija Samual Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Normawaty Normawaty Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Eva Maya Sari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Hortikultura, Prospek, Papua Barat, Pademi Covid-19

Abstract

Hortikultura merupakan salah satu komoditas pertanian unggulan di Provinsi Papua Barat. Pada masa pandemic covid-19 masyarakat membutuhkan asupan vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh sebagai bentuk system pertahanan terhadap serangan virus. Sebagai salah satu sumber bahan makanan yang banyak mengandung vitamin, hortikultura memiliki peluangyang besar untuk dikembangkan. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui jumlah produksi, peranan, dan prosepek pengembangan hortikultura di Provinsi Papua Barat di masa Pademi Covid -19. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan membandingkan data sekunder yang diperoleh pada saat pandemic dan pra pandemic. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan jumlah produksiyang signifikan untuk  sayuran dan buah-buahan pada masa pandemic Covid-19 di Papua Barat terutama untuk sayur kangkung dan pisang yang merupakan tanaman semusim. Peranan hortikultura diPapua Barat sangat penting mengingat hortikultura adalah termasuk salah satu komoditas unggulan pertanian di Provinsi Papua Barat. Perkembangan  hortikultura di Papua Barat memiliki prospek atau peluang yang baik dikarenakan tingkat konsumsi dan kebutuhan masyarakat meningkat khususnya di masa pandemic Covid-19, sehingga peluang pengembangan terbuka lebar, walaupun tidak menutup kemungkinan masih terdapat permasalahan atau tantangan yang harus dihadapi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adjid, Dudung Abdul .1993. Kebijaksanaan Pengembangan Hortikultura di Indonesia dalam Pelita VI. Seminar dan Konggres PERHORTI. Malang 20-21 Nopember 1993.
Ainda, Andary. 2013. Prospek Agribisnis Hortikultura 5 Tahun ke depan di Indonesia. http://aindapryl.blogspot.com/2013/04/prospek-agribisnis-hortikultura-5-tahun.html. Diakses pada 11 Januari 2021.
Badan Pusat Statistik, 2021. Papua Barat Dalam Angka. BPS Provinsi Papua Barat. http://scribd.com›School Work›Essays&Theses diakses 13 Januari 2021
Mirsadiq. 2012. Hortikultura.http://mirsadiq.wordpress.com/2012/01/08/hortikultura-2/. Diakses pada 12 Januari 2021.
Notodimedjo, Soewarno. 1997. Strategi Pengembangan Hortikultura Khususnya Buah-buahan dalam menyongsong Era Pasar Bebas. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Ilmu Hortikultura, Fak.Pertanian Unibraw, Malang.
Rukmana, R. 2004.Temuan Apotik Hidup Hidup di Pekarangan. Kanisius. Yogyakarta.
Siswono Yudohusodo, 1999. Upaya Pemberdayaan Petani sebagai Faktor Utama Program Pembangunan Nasional. Gerakan Terpadu Peduli Pertanian, Undip Semarang.
Sunu, Pratignja dan Wartoyo. 2006. Buku Ajar : Dasar Hortikultura. http://pertani an.uns.ac.id/~agronomi/dashor.html. Diakses pada 11 Januari 2021.
Supriadi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta
Zulkarnain, 2010. Dasar-Dasar Hortikultura. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2021-07-01