Kinerja Sumber Daya Manusia dalam Hubungan Produktivitas Kerja Sebagai Dampak Kegiatan Pelatihan Pada Perusahaan PT. Henrison Inti Persada

  • Eva Maya Sari
  • Aldila Mawanti Athirah
  • Ronald Kalawen
Keywords: Pelatihan, Kelapa Sawit, Produktivitas Kerja

Abstract

Kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan unggulan dan utama di Indonesia. Tanaman yang produk utamanya terdiri dari minyak sawit (CPO) dan minyak inti sawit (KPO) ini memiliki nilai ekonomis tinggi dan menjadi salah satu penyumbang devisa negara yang terbesar dibandingkan dengan komoditas perkebunan lainnya. Salah satu masalah dalam perkembangan agribisnis kelapa sawit adalah rendahnya kompetensi SDM. Perlu disadari bersama bahwa untuk mengembangkan sumber daya manusia setiap organisasi memiliki keterbatasan. Oleh karena itu perlu melibatkan pihak lain dalam pengembangan sumber daya manusia tersebut dengan melakukan pelatihan. Sehubungan dengan hal ini, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kinerja sumber daya manusia dalam hubungan produktivitas kerja sebagai dampak dari kegiatan pelatihan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja sumber daya manusia sudah tercapai sesuai dengan indikator dari masing-masing unit kerja. Kegiatan pelatihan berdampak signifikan terhadap peningkatan kinerja dan pencapaian indikator kinerja dalam hubungan produktivitas kerja sumber daya manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga, Pandji. 2005. Manajemen Bisnis, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.
Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BFFE.
J. Simanjuntak, Payaman. 2007. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Kusnendi dkk. 2003. Ekonomi Sumber Daya Manusia dan Alam. Jakarta: Universitas Terbuka.
Lubis, A. U. 1992. Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.). Sumatra Utara: PPP Marihat Bandar Kuala.
Mali, Paul. 2002. Produktivitas dan Manusia. Indonesia: Ghalia Indonesia.
Nasution, A.P, dkk. 2016. Affect of Leadership Styles, Organizational Climate and Ethos of Work on Employee Productivity (PT. HP Metals Indonesia Powder Coating). International Journal of Business and Management. 11.(2). 1-5.
Pardamean, Maruli. 2011. Cara Cerdas Mengelola Perkebunan Kelapa Sawit. Yogyakarta: ANDI.
Pardamean, Maruli. 2011. Sukses Membuka Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit. Jakarta: Penebar Swadaya.
Sedarmayanti. 2003. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Penerbit Ilham Jaya.
Published
2022-04-06