Analisis Pemahaman Konsep Literasi Sains Pada Mahasiswa Pendidikan IPA FKIP UNIMUDA Sorong
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa pendidikan IPA terhadap konsep literasi sains dengan indikator pemahaman konsep dasar literasi sains, proses sains, Konten sains dan konteks aplikasi sains. Pendekatan penelitian adalah studi deskriptif. Rumusan masalah yaitu bagaimana pemahaman konsep literasi sains pada mahasiswa pendidikan IPA FKIP UNIMUDA Sorong semester ganjil 2018/2019. Sampel terdiri dari 20 mahasiswa semester 3 yang mengikuti mata kuliah Konsep Dasar IPA. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda, Teknik analisis rumus presentase. Selanjutnya dilakukan dengan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa pendidikan IPA sudah menguasai literasi sains. Kriteria yang ditetapkan PISA 2015 yaitu : konsep dasar literasi sains mahasiswa IPA mencapai 66% (Tinggi), proses sains diperoleh 60% (Cukup Tinggi), konten sains diperoleh 52% (Cukup) dan konteks aplikasi sains diperoleh 43% (Cukup), Sehingga perlu adanya peningkatan pembelajaran IPA pada konten dan konteks aplikasi IPA melalui proses observasi, demonstrasi dan praktikum agar mahasiswa terlatih dalam menulis laporan praktikum dan menyampaikan hasil pengamatan yang telah dilakukan di laboratorium IPA