Pengaruh media pembelajaran powerpoint interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa SMP negeri 5 Raja Ampat pada materi sistem peredaran darah pada manusia

  • Arum Anjarwati Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mustika Irianti Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Edi Sutomo Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Media powerpoint interaktif, Hasil belajar, Peredaran darah manusia

Abstract

Penelitian ini befokus pada Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA. Tujuan dari penelitian ini untuk memastikan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Karena media pembelajaran powerpoint interaktif adalah alat yang digunakan dalam menyampaikan isi pelajaran dimana materi disajikan dengan menggunakan powerpoint agar siswa dapat melihat gambar, video, dan juga memberi respon yang aktif. Dalam penelitian ini desain penelitian yang dipilih penelitian adalah Pre-Experimental Design.Penelitian menggunakan one group prettes-posttest design. Pada desain ini melibatkan satu kelompok yang diberi pre-test (O), diberi treatment (X) dan diberi post-test. Teknik pengumpulan data, menggunakan teknik instrument tes digunakan untuk mengungkapkan aspek kognitif dan psikomotorik, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didasarkan pada analisis data dan penguji hipotesis, maka kesimpulan yang dapat peneliti kemukakan dalam penelitian ini adalah:Dari hasil uji t di dapatkan nilai thitung, yaitu 14.401 ttabel yaitu 1.720 dan nilai sig 2 tailed 0.17 > 0.05 maka Ha di terima. Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 5 Raja  Ampat Materi Sistem Peredaran Darah Manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dapitra, A.A., Popiyanto, Y., Suryandari, S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Ekosistem Siswa Kelas V SD Raden Patah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora. 1 (9).

Hidayat, F. A., Irianti, M., & Fathurrahman, F. (2020). Analisis miskonsepsi siswa dan faktor penyebabnya pada pembelajaran kimia di kabupaten Sorong. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 1(1).

Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Puji, S. (2016). Belajar Dan Pembelajaran. Univesitas Muhammadiyah Malang.

Irianti, M., Rumakwai, Idayati. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong. Biolearning Journal. 6 (1). 28-30.

Kumalasari, L., Suhadi, S., Mahanal, S. (2023). Avipedia: An electronic encyclopedia of bird diversity in Baluran National Park - Indonesia. Research and Development in Education (RaDEn). 3 (1). 26-36. https://doi.org/10.22219/raden.v3i1.23939

Kustanto Fredy. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Participatory Learning Pada Materi Keliling Dan Luar Bangun Datar. Jurnal ilmiah mitra swara ganesha. 2 (2). 2356-3443.

Marlina, L., Solehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. FRASA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 2 (1). 67-74.

Putri, H.P., Nurafni. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (6). 3538 – 3543.

Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Dalam Pembelajaran IPS. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan Pkn. 2 (1). 7–12.

Saragih, G., Thesalonika, E., Sihombing, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Berbasis Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4 (5). 7786-7796.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Elementary. 4 (1). 38-54.

Trianto,M.P (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Widiyawati, Ratna. (2013). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Malang semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Jurusan Matematika-Fakultas MIPA UM

Yulianti, N., Raharja, E.P., & Nidiasari, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Local Wisdom Papua Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Mariyai. Jurnal Pendidikan. 11 (1). 153-160.

Zaki Ahmad, Diyan. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn di SMA Swasta Darussaadah Kecamatan Pangkalan Susu. Jurnal Ilmu Pedidikan. 7 (2). 809-820.

Published
2023-06-16