Pengaruh model discovery learning terhadap minat belajar IPA peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Malawili
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat belajar ipa peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Malawili. Adapun Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitaif dengan desain pre-eksperiment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar peserta didik. Sampel penelitian ini adalah Peserta Didik kelas V SD Muhammadiyah Malawili sebesar 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket. Teknik analisis data terdiri dari 2 tahap yaitu tahap uji normalitas, dan tahap uji hipotesis. Hasil uji reabilitas butir instrument angket di peroleh 0,618 maka data tersebut di peroleh data normal. Hasil uji sampel di peroleh nilai thitung >ttabel (26.300>(0.3172), dengan besar taraf sig (2-tailed) 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan H1 terima dan H0 ditolak. Dari perhitungan analisis data sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar IPA kelas V SD Muhammadiyah Malawili. Dengan menerapkan model pembelajaran akan meningkatkan minat belajar peserta didik dan terlibat aktif dalam kegiatan belajar yang akan berdampak pada hasil belajar peserta didik
Downloads
References
Ali, L. U., Azmar, Wahyuni, Jumawal, & Fitriana, I. M. (2023). Improving Science Learning Outcomes by Applying Problem-. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 173–182. https://doi.org/10.26618/jpf.v11i2.9913
Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012.
Astuti, I., Raharja, E.P., Asrul. (2022). Pop-Up Book untuk Mendorong Minat Belajar Peserta Didik Kelas V. Jurnal Genesis Indonesia (JGI). 1 (1). 33-41. https://doi.org/10.56741/jgi.v1i01.18
Bere, R., Wariani, T., Boelan, E. G. (2023). Pengaruh Minat Tehadap Hasil Belajar Koloid Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Education and development. 11 (1). 128-132.
Jeluna, V., Ilyas, Doa, H., Ngapa, Y.L., Laka, A.F. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Komba. ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin. 1 (2). 92-96.
Listiani, I. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Brain Based Learning. GEODUCATION, 3(2).
Maesarani, Sucilestari, R., Hamzan. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SD Berbasis Brain Based Learning (BBL). Journal of Research on Science Education. 1 (1). 1-14.
Meliansari,V., Alpusari,M.,Alim, J.A(2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi IPA Siswa Kelas V SDN090 Pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 74-80. DOI: https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.138.
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5.
Nawati, A., Yulia, Y., Khosiyono, B.H.C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8 (1). 6167-6160.
Putri, D. R., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Siswa. In Edisi Agustus(Vol. 6, Issue 2).
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6, 35–43.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitin Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Baandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, S., Hariandi, A., Alirmansyah. (2013). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Muatan IPA Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Video Interaktif. Journal on Education. 5 (2). 5152-5172.