PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED - LEARNING TERHADAP MINAT, KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MAHASISWA PGSD UNIMUDA SORONG

  • Edi Sutomo Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Abdul Rachman Tiro Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: PBL, MINAT BELAJAR, KONSEP BELAJAR IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project-Based
Learning (PBL) terhadap minat, keaktifan dan hasil belajar pada materi Konsep Dasar IPA mahasiswa PGSD UNIMUDA Sorong pada semester gasal tahun akademik 2018/2019”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, observasi, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan linearitas serta uji hipotesis yang mencakup uji t-one sample/ ttes, uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran PBL berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa PGSD semester gasal UNIMUDA Sorong pada mata kuliah konsep dasar IPA tahun akademik. 2018/2019; (2) Pembelajaran PBL berpengaruh terhadap keaktifan belajar mahasiswa PGSD semester gasal UNIMUDA Sorong pada mata kuliah konsep dasar IPA tahun akademik. 2018/2019; (3) Pembelajaran PBL berpengaruh tidak terhadap hasil belajar mahasiswa PGSD semester gasal UNIMUDA Sorong pada mata kuliah konsep dasar IPA tahun akademik. 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-31