PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED - LEARNING TERHADAP MINAT, KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MAHASISWA PGSD UNIMUDA SORONG

  • Edi Sutomo Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Abdul Rachman Tiro Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ratih Widyawati Batigin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: PBL, MINAT BELAJAR, KONSEP BELAJAR IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project-Based
Learning (PBL) terhadap minat, keaktifan dan hasil belajar pada materi Konsep Dasar IPA mahasiswa PGSD UNIMUDA Sorong pada semester gasal tahun akademik 2018/2019”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, observasi, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan linearitas serta uji hipotesis yang mencakup uji t-one sample/ ttes, uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran PBL berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa PGSD semester gasal UNIMUDA Sorong pada mata kuliah konsep dasar IPA tahun akademik. 2018/2019; (2) Pembelajaran PBL berpengaruh terhadap keaktifan belajar mahasiswa PGSD semester gasal UNIMUDA Sorong pada mata kuliah konsep dasar IPA tahun akademik. 2018/2019; (3) Pembelajaran PBL berpengaruh tidak terhadap hasil belajar mahasiswa PGSD semester gasal UNIMUDA Sorong pada mata kuliah konsep dasar IPA tahun akademik. 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hardiyanti. (2012). Efektifitas Model Pembelajaran Snowbal Throwing.Yogyakarta: Cipta Remaja

Hasrul (2009). Peningkatan Minat Belajar Praktek Menggulung TrafoMelalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (ProblemBased Learning) Pada Siswa Smk Negeri 3 Makassar.Jurnal MEDTEK, Volume 1, Nomor 1, April 2009.

Irianti M., Rumakwai I. (2019). Pengaruh Media Audio Visual dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong. Biolearning Journal, 6 (1).

Jagantara, dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 4 Tahun 2014).

Nanang Martono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Rajawali Press

Natawijaya. (2002). Analisis Kebijakan dalam Konteks Desentralisasi dan Otonomi Pendidikan. Jakarta: Biro Perencanaan Depdiknas.

Sutomo E., Fathurrahman. (2019). Analisis Miskonsepsi Calon Mahasiswa Prodi IPA dan Biologi pada Materi Struktur Atom sebagai Persiapan Pembelajaran Kimia Dasar di STKIP Muhammadiyah Sorong Tahun Akademik 2017. Biolearning Journal, 6 (2).

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.

Published
2020-01-31
How to Cite
Sutomo, E., Tiro, A., & Batigin, R. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED - LEARNING TERHADAP MINAT, KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MAHASISWA PGSD UNIMUDA SORONG. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 1(1). Retrieved from https://unimuda.e-journal.id/basa/article/view/455