Manajemen Laboratorium IPA Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Dompu

  • Muarif Islamiah STKIP Harapan Bima
  • Neneng Triyunita Universitas Diponegoro
  • Didit Haryadi STKIP Taman Siswa
  • Muhammad Fuadi STKIP Taman Siswa
  • Jaenab Jaenab SMAN 1 Manggelewa
  • Retno Dwi Wijayanti SMAN 1 Manggelewa
Keywords: Manajemen, Laboratorium, SMA, IPA

Abstract

Manajemen laboratorium yang baik harus mencangkup empat fungsi manajemen perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (cotroling) sarana dan prasarana termasuk bagian yang sangat penting, dikarenakan tanpa adanya sarana dan prasarana termasuk bagian yang sangat penting, dikarenakan tanpa adanya sarana dan prasarana yang memenuhi kriteria standar sekolah tersebut belum bisa menjalankan proses pembelajaran secara optimal. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam jenis penelitian evaluasi. subjek penelitian adalah guru-guru yang mengajar di tingkat SMA se-kabupaten Dompu dan guru yang mengajar di berbagai bidang studi dengan jumlah 183 Responden yang terdiri dari 6 kecamatan di Kabupaten . Teknik pengumpulan data akan menggunakan angket dengan skala Likert 1 sampai dengan 4 dan tambahan dengan melakukan wawancara agar bisa mendapatkan informasi awal atau kondisi empiris sekolah secara spesifik. Untuk tahapan analisis data penelitian dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitaf yang memanfaatkan data analisa deskriptik atau statistik deksriptik. Cara menarik kesimpulan adalah dengan melihat hasil dari tiap komponen dan membandingkan dengan tabel presentase kelayakan yang sesuai dengan buku terbitan Prof. Sugiyono, sehingga dapat ditarik kesimpulan masing-masing kompenen atau kompetensi akan direpresentasikan dalam kategori kurang baik atau sangat baik. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah perencanaan (planning) 70,4%, pengorganisasian (organizing) 72,4%, pelaksanaan (actuating) 71,0% dan pengawasan (controlling) 69,5% secara umum manajemen laboratorium di Kabupaten Bima masuk kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, Aprilia., Haris, N.F., Farawasi, S.V., Junus, M., & Mutmainah, Octaviani. (2023). Evaluasi Manajemen Laboratorium Fisika di Kota Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika. 4 (1). 52-62

Astuti, R. (2020). Manajemen Laboratorium yang Cerdas, Cermat, dan Selamat. Jawa Barat: CV Jejak.

Astuti, S. W., Andayani, Y., Al-Idrus, S. W., & Purwoko, A. A. (2018). Penerapan Metode Praktikum Berbasis Kehidupan Sehari-hari terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIA MAN 1 Mataram. Chemistry Education Practice, 1(2), 19–25.

Cahyaningrum, I., Mursiti, S., & Harjono. (2020). Pengaruh Praktikum Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Virtual Lab terhadap Keterampilan Proses Sains. Chemistry in Education, 9(1), 1–8.

Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.12

Kumalasari, L., Suhadi, S., Mahanal, S. (2023). Avipedia: An electronic encyclopedia of bird diversity in Baluran National Park - Indonesia. Research and Development in Education (RaDEn). 3 (1). 26-36. https://doi.org/10.22219/raden.v3i1.23939

Lestari, S., Mursali, S., & Royani, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 6(1), 67–79.

Musdalifah, & Faridah. (2021). Pengelolaan Laboratorium Di SMP Negeri 7 Enrekang. Jurnal Administrasi, Kebijakan dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), Vol. 2, No. 1, 104-117.

Nur'aisah, Sumantri, M., & Sauri, U. S. (2020). Manajemen Laboratorium Ipa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Tanjungsari dan SMP Negeri 1 Pamulihan Kabupaten Sumedang). Nusantara Education Review Vol. 3, No. 1, 99-108.

Nurhadi, A. (2018). Manajemen Laboratorium Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Vol. 4 No. 01, 1-12.

Raharja, E.P., Ishafit. (2020). Development of circular motion experiment tool using sensor smartphone for high school students. Journal of Physics: Conference Series. 1806 (2021) 012048. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012048

Sari, S., Dayana, D., & Farida, I. (2018). Analisis Profil Manajemen Laboratorium Dalam Pembelajaran Kimia di SMA Wilayah Sumedang. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(1), 73–82. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2593

Silka, Kaururu, P. (2023). Pengelolaan Laboratorium IPA SMP di Daerah Terpencil Kabupaten Toraja Utara. EDUPROXIMA (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA). 5 (2). 223-233. https://doi.org/10.29100/.v5i2.4119

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education, 2(2), 49–57.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sholahuddin, A., Yulinda, R., Sya'ban, M., & Rasidah. (2019). Penguatan Kompetensi Guru dalam Optimalisasi Fungsi Laboratorium. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1-8.

Suseno, N., Partono, Riswanto, Harjati, P., & HA, D. (2019). School Laboratory Management Information System. Journal of Physics: Conference Series, 1-8.

Toriqularif, M. (2019). Penelitian Evaluasi Pendidikan. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66-76.

Published
2023-06-08