Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) memanfaatkan PhET simulation pada materi hukum Ohm

  • Nur Aisyah Rimosan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Endra Putra Raharja Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Edi Sutomo Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: LKPD, PhET Simulation, Hukum Ohm

Abstract

Pengembangan LKPD memanfaatkan PhET Simulation pada materi hukum ohm di SMP IT Nurul Yaqin Kabupaten Sorong dilatar belakangi oleh belum adanya media pembelajaran LKPD memanfaatkan PhET Simulation di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kevalidan dan kepraktisan LKPD memanfaatkan PhET Simulation yang dikembangan dan mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan LKPD memanfaatkan PhET Simulation pada materi hukum ohm. Peneliti menggunakan rancangan penelitian pengembangan model ADDIE yang mempunyai 5 tahapan dalam penelitian dan pengembangannya yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar angket. Analisis data validasi dan respon menggunakan persentase. Hasil validasi LKPD memanfaatkan PhET Simulation yaitu hasil validasi ahli materi 92,85% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi ahli media 96,87% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon peserta didik diperoleh persentasi 70% dengan kriteria sangat setuju (SS)). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD memanfaatkan PhET Simulation pada materi hukum ohm layak digunakan di SMP IT Nurul Yaqin Kabupaten Sorong. Hasil respon peserta didik yang merupakan sangat setuju dan setuju 92,5% termasuk dalam kriteria sangat tertarik. Artinya bahwa LKPD memanfaatkan PhET Simulation ini dapat digunakan di sekolah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, R., Yuliati, L., dan Latifah, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44-50. https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n2.p44-50

Damayanti, D. S. (2013). Pengembang Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi. Vol. 3(1), 58-62.

Finkelstein, N. (2006). Hightech Tools For Teaching Physics:The Physics Education Technology Project. Merlot journal of online learning and teaching. Vol. 2, 269-275.

Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900

Kumalasari, L., Suhadi, S., Mahanal, S. (2023). Avipedia: An electronic encyclopedia of bird diversity in Baluran National Park - Indonesia. Research and Development in Education (RaDEn). 3 (1). 26-36. https://doi.org/10.22219/raden.v3i1.23939

Nurhayati, F. S. (2014). Penerapan Metode Demonatrasi Berbantu Media Animasi Software PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Pontianak. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Aplikasinya, 1-7.

Perdana, A. S. S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Interarctie Simulations Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 73-79.

Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015, September). Studi pelaksanaan pembelajaran fisika berbasis higher order thinking (HOTS) pada kelas X di SMA Negeri Kota Yogyakarta. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (Vol. 6, No. 2). 104-112.

Pricilia, H. Y. E. B. (2019). Lembar Kerja Peserta Didik PhET Simulation Berbasis STEM. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal).

Prihatiningtyas, S. P. (2013). Implementasi Simulasi PhET dan Kit Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomor Siswa Pada Pokok Bahasa Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 18-22.

Raharja, E.P., Ishafit. (2020). Development of circular motion experiment tool using sensor smartphone for high school students. Journal of Physics: Conference Series. 1806 (2021) 012048. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012048

Rizki, M. P., Sakdiah, H., & Ginting, F. W. G. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Discovery Learning Menggunakan Simulasi Physics Education Technology (PhET) Pada Materi Listrik Dinamis Kelas XII. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(1), 31-40. https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i1.7305

Saputra, R. S. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika. J, Pijar MIPA, Vol. 15. No.2,, 110-115.

Setiyawan, R. T. (2012). Meningkatkan Aktivitas dan Hail Belajar Fisika Dengan Metode Demonstrasi Yang Dilengkapi Media Lingkungan Pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 13 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika (JPF), Volume 1, Nomor 2, 206-211.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung, Alfabeta), 297.

Published
2023-06-12
How to Cite
Rimosan, N., Raharja, E., & Sutomo, E. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) memanfaatkan PhET simulation pada materi hukum Ohm. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 4(1), 25-34. https://doi.org/10.36232/basa.v4i1.4594