PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV C SD INPRES 12 KABUPATEN SORONG

  • Nelce Kilmi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Asrul Asrul Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Lina Kumalasari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: media gambar, minat belajar, IPA

Abstract

Media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas minat belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVC SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan desain eksperimen (pre-experiment) One group pretest-posttes design. Variabel bebas adalah model pembelajaran yang diterapkan  dalam pembelajaran IPA yaitu penggunaan media gambar dan variabel terikat adalah minat belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVC SD Inpres 12 kabupaten Sorong sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan (pretest-posttest). Teknik analisis data terdiri dari 3 tahap yaitu tahap deskripstif  data, uji normalitas, dan tahap uji hipotesis. Hasil uji realibilitas butir instrument pretest diperoleh sebesar 63.12. Dan posttest sebesar 76.38 Dari analisis data diperoleh deskriptif  data pretest nilai mean sebesar 2.395 sedangkan posttest mean sebesar 5.917. Dari analisis data diperoleh  uji normalitas sig sebesar 0.228 > 0,05, maka data berdistribusi normal. Hasil uji One sampel T-test dari posttest diperoleh Thitung 0.216 > dari Ttabel yaitu 34.506 dengan besar taraf Sig. (2-tailed) sebesar 0.993 .<0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa metode ekperimen menggunakan media gambar memberi pengaruh terhadap minat belajar siswa dimana minat siswa menjadi meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, A., Gerodimos, R., & Lilleker, D. G. (2018). Yes We Vote: Civic mobilisation and impulsive engagement on Instagram. Javnost - The Public, 25(3), 315–332. https://doi.org/10.1080/13183222.2018.1464706

Astuti, I. A. D., Nursetyo, K. I., Hanafi, I., & Susanto, T. T. D. (2023). Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran IPA: Studi literature review. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 5(1), 34-43. https://doi.org/10.30998/npjpe.v5i1.1859

Bayudi, A. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Proses Pembelajaran dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(4), 1368-1372. https://dx.doi.org/10.20961/shes.v3i4.55755

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Magdalena, I., Roshita, Pratiwi, S., Pertiwi, A., & Damayanti, A. P. (2021). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri 09 Kamal Pagi. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 334-346.

Oktiana, R., & Sari, F. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar di Desa Bener Kecamatan Majenang. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(2), 279-285. https://dx.doi.org/10.20961/shes.v5i2.55212

Safitri, A., & Kabiba, K. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 24-36. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4139

Samsinar, S. (2020). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194-205. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i2.959

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Evaluasi pembelajaran matematika untuk guru dan mahasiswa calon guru matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332

Supriyono, S. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48

Susanti, B. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Video Scribe Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Pinang. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 387–396. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399

Utami, Y. S. (2020). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. JPdK: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 104-109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.607

Wijaya, A., Imansyah, F. ., & Marleni, M. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 03 Sindang Danu. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 272–282. https://doi.org/10.31004/irje.v2i1.269

Yusuf, A. M. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenadamedia Group.

Published
2023-12-30
How to Cite
Kilmi, N., Asrul, A., & Kumalasari, L. (2023). PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV C SD INPRES 12 KABUPATEN SORONG. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 4(2), 68-74. https://doi.org/10.36232/basa.v4i2.5141