IMPLEMENTASI METODE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATERI WUJUD BENDA DAN SIFATNYA SISWA KELAS V SD INPRES 15 KABUPATEN SORONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui apakah penggunaan metode Rotating Trio Exchange berpengaruh terhadap kemampuan kerja sama siswa pada materi wujud benda dan sifatnya siswa kelas V SD inpres 15 kabupaten sorong. Penelitian ini merupakan desain experimen tipe one group pretes-postes desain. Variabel bebas adalah Metode Rotating Trio Exchange dan variable terkait adalah kemampuan kerja sama siwa. Sample penelitian ini adalah siswa kelas V SD inpres 15 kabupaten sorong sebanyak 28 siswa, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA (Kelas Kontrol) berjumlah 14 sedangkan kelas yang akan diteliti yaitu kelas VB (Kelas Experimen) bejumlah 14. Intrumen Penelitian ini menggunakan Observasi yaitu pada kelas kontrol diberikan observasi kemampuan kerja sama, sedangkan pada kelas experiment diberikan Observasi pelaksanaan metode Rotating Trio Exchange, dan Observasi kemampuan kerja sama.Dengan menggunakan observasi kemampuan kerja sama pretest yang diberikan pada kelas kontrol dan postest pada kelas experiment diperoleh postest kelas experiment uji t pert.1 sampai pert.3 diperoleh thitun -8.080 dengan signfikan <001 dan hasil pretest kelas kontrol uji t pert.1 sampai pert.3 diperoleh hasil thitung -3.038 dengan signifikan 005. Kinerja dikatakan siknifikan kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penggunaan metode Rotating Trio Exchange berpengaruh terhadap kemampuan kerja sama siswa
Downloads
References
Astuti, I., & Raharja, E. P. (2022). Pop-Up book untuk mendorong minat belajar peserta didik kelas V. Jurnal Genesis Indonesia, 1(01), 33–41. https://doi.org/10.1234/jgi.v1n1.5678
Campbell, D. T., & Stanley, J. C. (2015). *Experimental and quasi-experimental designs for research*. Ravenio Books.
Gerring, J., & McDermott, J. (2007). An experimental template for case study research. *American Journal of Political Science, 51*(3), 688–701. https://doi.org/10.1111/j.1540-5907.2007.00258.x
Hadiyaturido, Huda, K., & Amni, N. H. (2020). Penerapan model cooperative learning tipe Rotating Trio Exchange (RTE) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pecahan siswa kelas V SD Negeri 4 Mamben Lauk tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Transformasi, 6(2).
Gazali, M., & Hirzi, R. H. (2020). The comparison of cooperative learning method of rotating trio exchange type and think pair share type. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1), 012058. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012058
Hasanah, N. F., Nurtaman, M. E., & Hanik, U. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap hasil belajar dan minat belajar matematika siswa kelas V SDN Pinggir Papas 1 Sumenep. Widyagogik, 6(2), 112-121.
Isfayani, E., Johar, R., & Munzir, S. (2018). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Jurnal Elemen, 4(1), 80. https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.473
Kusuma, R. P., & Turdjai. (2019). Penerapan strategi Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan prestasi belajar siswa (Studi pada ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN Gugus II Lebong Utara Kabupaten Lebong). DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 9(1).
Mintarsih, M. (2022). Penerapan metode Rotating Trio Exchange dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Sinektik, 5(1). https://doi.org/10.33061/js.v5i1.7479
Nursyam. (2021). Penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) berbasis pendekatan realistik dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN No 169 Inpres Parang Baddo Kecamatan Polong Bangkeng Utara Kabupaten Takalar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 18-27.
Silberman, M. (2009). 101 strategi pembelajaran aktif. Terjemahan oleh Sarjuli, Ammar Adzfar, Sutrisno, dkk. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sutomo, E., Eriyanti, R. W., & Hudha, A. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 214-221. https://doi.org/10.31849/bl.v10i2.16326
Thyer, B. A. (2012). Quasi-experimental research designs. Oxford University Press.
Yahya, A., & Bakri, N. W. (2020). Pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 6(1), 69-79.
Yin, R. K. (2012). Case study methods. Sage Publications.
Yulianti, N., Raharja, E.P., & Nidiasari, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Local Wisdom Papua Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Mariyai. Jurnal Pendidikan. 11 (1). 153-160.