PENERAPAN KEGIATAN LITERASI MEMBACA MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SMPN 10 KOTA BIMA
Abstract
Membaca adalah suatu hal yang penting yang perlu dipelajari tiap orang agar dapat mempermudah kita dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kembali pengaruh program kegiatan Literasi Membaca Merdeka di SMPN 10 Kota Bima apakah program ini mengalami perubahan dalam kemampuan literasi siswa atau tidak. Penelitian ini melibatkan guru sebanyak 2 orang, dan siswa sebanyak 26 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif sedangkan pengumpulan data berupa angket skala likert 1 sampai 5 dan wawancara kepada guru serta pengisisan angket dilakukan oleh siswa untuk melihat peningkatan literasi siswa. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptik atau statistik deskriptik. Adapun penarikan kesimpulan dilakukan dengan cara membandingkan hasil yang diperoleh dengan kategori nilai presentasi Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dalam kemampuan literasi siswa yang awanya literasinya kurang kini Nilai Presentase Rata-rata mendapatkan nilai 85% yang berarti baik. Adapun nilai presentase rata-rata didapatkan dari presentase soal dibagi jumlah soal. Maka mendapatkan nilai 85,13% atau dibulatkan menjadi 85% dengan kategori baik
Downloads
References
Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2869
Hasan, M., Nurtrida, N., Arisah, N., & Nuraisyiah, N. (2022). Implementasi Budaya Literasi Melalui Optimalisasi Perpustakaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Eduscience, 9(1), 121–133. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2517
K Boli, S., Hidayati, D., & Haryadi, D. (2022). Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Journal of Education and Teaching (JET), 3(2), 138–147. https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.162
Lalu, A. A. (2022). Pengaruh Program Maulana Terhadap Profesionalisme Guru Dan Kemampuan Literasi Dasar Siswa. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 40–53. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.578
Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. Journal of Education Technology, 3(3), 126. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Syarifudin, Yulianci, S., Ningsyih, S., Hidayah, M. S., Mariamah, & Irfan. (2022). Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Teaching at The Right Level ( TaRL ) Terhadap Kemampuan Literasi Dasar Siswa. Seminar Nasional Inovasi, 22–27.
Syarifuddin, S., Ziaulhaq, M., & Cahyadi, A. T. (2022). PENGARUH PROGRAM GEMAR LITERASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DAN LITERASI DASAR SISWA. JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL, 1(7), 497-504.
Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Developing the Learning Materials of Biotechnology Subject Based on Students’ Need and Character of Nusantara Pgri University of Kediri. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 2(1), 19–30. https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.3368.