Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study pada materi pemanasan global

  • Muarif Islamiah STKIP Harapan Bima
  • Neneng Triyunita SMPN 1 Kubu
Keywords: Berpikir Kreatif, Project Based Learning, Lesson Study, Keterampilan

Abstract

Pendidikan abad 21 saat ini menuntut peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis dan kreatif berorientasi pada pembentukan keterampilan atau kecakapan yang diperlukan untuk menjalani kehidupan abad 21 seperti mampu menyelesaikan permasalahan melalui keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model project based learning yang berbasis PTK-LS dilakukan pada dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi diintegrasikan dengan kegiatan LS (plan, do, dan see). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dari peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan serta meningkatkan potensi yang dimiliki secara individu atau kelompok. Pengumpulan data berdasarkan penilaian observasi dari observer saat pengamatan kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata keterampilan berpikir kreatif pada siklus 1 sebesar 42,64% meningkat pada siklus II menjadi 65,69%. Persentase peserta didik dengan kategori sangat kreatif meningkat sebesar 25%, kategori kreatif meningkat 14%, kategori cukup kreatif menurun sebesar 16% dan kategori tidak kreatif menurun 22%. Penerapan project based learning berbasis lesson study mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi pemanasan global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ammann, Caspar, et al. (2007). "Solar influence on climate during the past millennium: Results from ransient simulations with the NCAR Climate Simulation Model". Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America 104 (10), 3713-3718.

Anwar, M. N., Rasool, S. S., & Haq. R. (2012). A Comparison of Creative Thingking Abilities of High and Low Achiievers Secondary School Student. International Interdisciplinary Journal of Educattion, 1(1).

Boss, S., Larmer, J., & Mergendoller, J. (2013). PBL for 21st century success: teaching critical thinking, collaboration, communication, and creativity. Buck Institute for Education 18 Commercial Boulevard, Novato, California 94949 USA. ISBN: 978-0-9740343-6-2 (print).

Candra, R. A., Prasetya, A. T., & Hartati, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project-Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2437-2446.

Damayanti, J., Susilo, H., Chujairi, G. K., Zahroh, V. R., & Rusly, N. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Dan Direct Instruction Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi-IPA dan Pembelajarannya (pp. 561-568). Malang: Universitas Negeri Malang.

Fisnani, Y., & Zulfahrin UZ, L. (2020). Penerapan Metode Project Based Learning Pada Muatan Lokal Batik Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa. Jurnal Edukasi, 14(2), 151-158.

Gleason, Karen K., Simon Karecki, and Rafael Reif (2007). Climate Classroom; What’s up with global warming?, National Wildlife Federation. URL diakses 22-06-2023.

Hidayat, F. A., Irianti, M., & Faturrahman, F. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa dan Faktor Penyebabnya pada Pembelajaran Kimia di Kabupaten Sorong. Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 1(1), 1–8.

Hegerl, Gabriele C. et al. (2007). Understanding and Attributing Climate Change. Climate Change 2007: The Physical Science Basis. Contribution of Working Group I to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate.

Hiçyılmaz, Y., & Aykan, A. (2020). A New Approach In The Professional Development Of Prospective Visual Arts Teachers: A Lesson Study Model. International Journal of Progressive Education, 16(6), 313-324.

Irianti, M., & Putra, T. Y. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Unimuda Sorong Terhadap Pembelajaran Daring Selama Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.1100.

Ismayani, A. (2016). Pengaruh penerapan STEM Project Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Journal of Mathematics and Education 3 (4).

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran. Missouri mathematics project (MMP), 5 (1), 14-25.

Marsh, Nigel, Henrik, Svensmark (2000). "Cosmic Rays, Clouds, and Climate" Space Science Reviews 94: 215-230. URL diakses pada 20-06-2023.

Mawarni, R., & Sani, R. A. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Stem Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Padamateri Pokok Fluida Statis Di Kelas Xi Smanegeri 4 Tebing Tinggi T.P 2019/2020. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(2), 8-15.

Munandar, U. (2009). Perkembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.

Pomalato, S.W. (2005). Pengaruh Penerapan Model Treffinger dalam Pengembangan Kemampuan Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Disertasi. Bandung: UPI (tidak diterbitkan).

Raharja, E.P., Ishafit., & Kusiana, R. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Gerak Melingkar untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 151-157. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JIPFI.

Rahayu, Hafitriani. Purwanto, Joko. Hasanah, Daimul. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 4 (1).

Risnanosanti, Syofiana, M., & Hasdelyanti. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Lesson Study. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 2(2), 168-178.

Rodi'ah, S., & Hasanah, I. (2021). Eksplorasi Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek Berbantu E-Modul Ditinjau dari Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, 7(3), 107-113.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sahin, M. C. (2009). Intructional design principles for 21st century learning skills. Procedia-social and Behavioral Science, 1(1), 1464-1468.

Salma, Fathimah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Materi Plantae. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Soden, Brian J., Held, Isacc M. (2005). "An Assessment of Climate Feedbacks in Coupled Ocean-Atmosphere Models". Journal of Climate 19(14). URL diakses pada 19-06-2023.

Utina, R. (2015). Pemanasan Global: Dampak dan Upaya Meminimalisasinya. Biologi, FMIPA. Universitas Negeri Gorontalo.

Yulianti, N., Raharja, E.P., & Nidiasari, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Local Wisdom Papua Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Mariyai. Jurnal Pendidikan. 11 (1). 153-160.

Published
2024-06-29
How to Cite
Islamiah, M., & Triyunita, N. (2024). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study pada materi pemanasan global. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 5(1), 1-13. Retrieved from https://unimuda.e-journal.id/basa/article/view/6313