Analisis Literasi Sains SD Pada Buku Paket IPAS Tingkat Sekolah Dasar Kelas III Semester 2

  • Aisyah Habibah Universitas Riau
  • Nadia Alpian Universitas Riau
  • Vira Laura Utami Universitas Riau
  • Tommy Tanu Wijaya Beijing Normal University
  • Neni Hermita Universitas Riau
  • Diniya Diniya Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Literasi sains, Buku paket IPAS, Keterampilan berpikir kritis

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh peserta didik dalam menghadapi era global agar dapat memahami lingkungan hidup dan permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam berbagai situasi. Salah satu cara mengetahui tingkat kemampuan literasi sains peserta didik dilakukan analisis cakupan materi pada buku pembelajaran siswa. Penelitian ini menganalisis cakupan literasi sains pada buku paket IPAS kelas III SD semester 2. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis deskripsi dengan cara menyajikan fakta dan pendekatan kualitatif dengan menyajikan bentuk analisis isi. Analisis dilakukan dengan cara membaca, mencermati, dan memahami unsur-unsur teks materi yang ada pada buku. Analisis buku paket IPAS SD kelas III semester 2 yang terdiri dari empat BAB dan menghasilkan penyajian elemen literasi sains yang sebanding, dalam keempat BAB yang dianalisis dapat dikatakan seluruhnya memiliki elemen literasi sains dalam cakupan materi setiap BAB. Melalui buku paket IPAS SD kelas III semester 2 dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik, karena terdapat keterampilan untuk berpikir kritis, logis dan dapat menyelesaikan masalah dengan memahami konsep ilmiah serta menghubungkan dengan lingkungan nyata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, A. S., Widyastuti, R., Mubarokah, G., & Istiqomah, I. (2023). PEMETAAN MATERI IPA DAN IPS DALAM KURIKULUM MERDEKA ( Studi Kasus di Sekolah Pengggerak SDN 04 Sukanegla Kabupaten Garut ). 6(1), 196–211.

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566

Dista, D. X., Hermita, N., & Triani, R. A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(2), 994-999.

Fitriyani, F., Suyidno, S., & Perdana, R. (2023). Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Problem-Based Learning Dipadu Stem Di Sekolah Penggerak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 10(2), 209–225. https://doi.org/10.36706/jipf.v10i2.23022

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Haruna, M. F., Nurlia, N., & Levianti, S. (2023). Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Virus Pandemi Covid-19 Di Sman 3 Luwuk. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 18–26. https://doi.org/10.31849/bl.v10i1.13330

Hermita, N. (2023). Integrasi Sistem Among dengan Pembelajaran dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Deepublish.

Hermita, N., Vebrianto, R., Putra, Z. H., Alim, J. A., Wijaya, T. T., & Sulistiyo, U. (2022). Effectiveness of gamified instructional media to improve critical and creative thinking skills in science class. Advances in Science, Technology and Engineering Systems Journal, 7(3), 44-50.

Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Mahartika, I., & Sulistiyo, U. (2023). Hybrid learning, blended learning or face-to-face learning: which one is more effective in remediating misconception?. Quality Assurance in Education, (ahead-of-print).

Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682

Kartikasari, C. D. P. (2023). Analisis Buku Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VII Semester 1 Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Kulidawa, 3(2), 39. https://doi.org/10.31332/kd.v3i2.2966

Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191

Muthmainnah, M., Mansur, H., & Chamidah, N. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(September), 812–817.

Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ipa Di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(Vol. 3 No. 1 (2019): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)), 61–69.

Novita, M., Rusilowati, A., Susilo, S., & ... (2021). Meta-analisis literasi sains siswa di Indonesia. UPEJ Unnes Physics …, 10(3). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/55667%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/55667/21297

Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Teks Pelajaran Ipa Kelas V Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5585

Putri, Q. B. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIKPADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 3 KOTABUMI.

Rahmania, S., Miarsyah, M., & Sartono, N. (2018). The Difference Scientific Literacy ability of Student having Field Independent and Field Dependent Cognitive style. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 27–34. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.8-2.5

Ratna Khaerati Armas, A., . R., & Syahrir, M. (2019). Hubungan Antara Literasi Sains Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Kelas Xi Mipa Sma Negeri Se-Kota Makassar. Chemistry Education Review (CER), 2(2), 67. https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8950

Rhomartin, W., Muyassaroh, I., & Salimi, M. (2015). Membangun imajinasi dan kreativitas anak melalui Literasi. In Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi.

Rokayah, R., Hermita, N., Vebrianto, R., Mujtahid, I., Sulistiyo, U., & Samsudin, A. (2023). Reflection of Indonesian Educators on the Implementation of the Merdeka Curriculum. Mimbar Sekolah Dasar, 10(3), 684-700.

Rusilowati, A. (2018). Asesmen Literasi Sains: Analisis Karakteristik Instrumen dan Kemampuan Siswa Menggunakan Teori Tes Modern Rasch Model. Prosiding Seminar Nasional Fisika Universitas Riau Ke-3, September, 2–15. https://snf.fmipa.unri.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/0.-300B-2-15NI.pdf

Shadri, R., Hermita, N., Deswarni, D., Purnamasari, A., Lingga, L. J., & Wijaya, H. (2023). Assessment In The Merdeka Curriculum: What The Teachers’ Perspectives On It. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1), 202-208.

Sirih, M., & Wirdhana Ahmad, S. (2023). Pengaruh Literasi Sains Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Di Sma Negeri 2 Kendari. Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 5(2), 2023.

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952

Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Syofyan, H., & Trisia Lusiana Amir. (2019). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Calon Guru Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 35–43. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13203

Ulfa, U., Saptaningrum, E., & Kurniawan, A. F. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2(2), 257. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16408

Utami, R. T., & Desstya, A. (2021). Analisis Cakupan Literasi Sains dalam Buku Siswa Kelas V Tema 4 Karya Ari

Subekti di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5001–5013. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1556

Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar (I). Penerbit : Deepublish.

Wibowo, A. (2021). Analisis Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Kasus Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP

UNMA, 7(2), 515–519. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1107

Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2100–2112. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12

Yuliyanti, T. E., & Rusilowati, A. (2014). Analisis Buku Ajar Fisika Sma Kelas Xi Berdasarkan Muatan Literasi Sains Di Kabupaten Tegal. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 69–72.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Zulhelmi, Z., Fauza, N., Syaflita, D., Pratiwi, J., Wijaya, T. T., & Hermita, N. (2023). Development of learning media to improve students’ higher order thinking skills in circular motion material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 1734-1740.

Zuriyani, E. (2017). Literasi Sains Dan Pendidikan. Jurnal Sains Dan Pendidikan, 13. https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/file/TULISAN/wagj1343099486.pdf

Published
2024-06-30
How to Cite
Habibah, A., Alpian, N., Utami, V., Wijaya, T., Hermita, N., & Diniya, D. (2024). Analisis Literasi Sains SD Pada Buku Paket IPAS Tingkat Sekolah Dasar Kelas III Semester 2. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 5(1), 21-30. https://doi.org/10.36232/basa.v5i1.6692