Problem Based Learning (PBL) sebagai Upaya Peningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa SMK yang Efektif dan Efisien

  • Ely Khamidah SMK YPLP Perwira Purbalingga
  • Okimustava Okimustava Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Aktivitas siswa, Hasil belajar siswa, Problem Based Learning, Zat dan perubahnnya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untyuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Pengembangan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) melalui metode Problem Based Learning   ini dilakukan pada siswa SMK YPLP Perwira Purbalingga, objek penelitian ini dari 29 siswa terdapat dua siklus dari pelaksanaan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi setiap siklusnya menggunakan. Kelas X C semester gasal tahun pelajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 68 %.pada siklus 2 sebesar  96 %. Dari tes hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa untuk siklus 1 sebesar 56 %   siklus 2 sebesar 93 %. Berdasarkan hasil analisis data scara keseluruhan menyatakan bahwa pengembangan metode metode Problem Based Learning   dapat meningkatkan hasil belajar IPAS dengan efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti. (2020). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dikdaktika Jurnal Pendidikan, 12(2).

Citradevi, P. D. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Ilmiah Guru, 8(2). Diakses dari https://jurnaldikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/525/383

Ende, A. M. N., Jasril, I. R., & Jaya, P. (2022). Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, 8(2). Diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev; https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.117118

Gunawan, Y. E. I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Efeknya Terhadap pemahaman konsep dan berfikir kritis. Indonesian Journal, 2(3).

Hapsara, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA). Diakses dari http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia

Hidayat, F. A., Irianti, M., & Faturrahman, F. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa dan Faktor Penyebabnya pada Pembelajaran Kimia di Kabupaten Sorong. Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 1(1), 1-8.

Kamal, N. (2020). Perubahan Wujud Benda. Gramedia Blog. Diakses dari https://www.gramedia.com/literasi/perubahan-wujud-benda/

Laily, I. N. (2021). Pengertian Zat Tunggal dan Campuran serta contohnya. Diakses dari https://katadata.co.id/iftitah/berita/615a834a552e2/pengertian-zat-tunggal-dan-campuran-serta-contohnya

Lukita, D., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10.

Nabilah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Unsika Sesiomadika, 1(3).

Pragista, A. C., & Alfiandra, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Pembelajaran Berbasis Canva di SMP Negeri 38 Palembang. JLB (Journal of Law, Education and Business), 1(2). Diakses dari https://rayyanjurnal.com/index.php/jleb/article/view/1167

Rahmayanti, D., & Jaya, P. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 8(4). Diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Tumulo, T. I. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inquiry Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(2).

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA). Diakses dari http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia

Yulianti, N., Raharja, E. P., & Nidiasari, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Local Wisdom Papua Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Mariyai. Jurnal Pendidikan, 11(1), 153-160.

Published
2024-06-30
How to Cite
Khamidah, E., & Okimustava, O. (2024). Problem Based Learning (PBL) sebagai Upaya Peningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa SMK yang Efektif dan Efisien. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 5(1), 14-20. Retrieved from https://unimuda.e-journal.id/basa/article/view/6697