Project based learning (PjBL) dengan PhET simulation untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
Abstract
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan motivasi belajar siswa kelas 10 setelah penerapan model pembelajaran Proyek Berbasis Pembelajaran (PjBL) dengan bantuan simulasi PhET. Penelitian ini melibatkan 20 siswa kelas 10 di SMK YPLP Perwira Purbalingga selama semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat sebesar 30,10%, dari 58,85% pada observasi awal menjadi 88,95% pada Siklus I dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Proyek Berbasis Pembelajaran dengan bantuan simulasi PhET efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 10.
Downloads
References
Defianti, A., Hamdani, D., & Syarkowi, A. (2021). Penerapan metode praktikum virtual berbasis simulasi PhET berbahu guided-inquiry module untuk meningkatkan pengetahuan konten fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksa, 11(1). https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33288
Doyan, A., Hadi, D. F. ., & Ardhuha, J. . (2023). The Effect of PhET Simulation-Assisted Project-Based Learning Model on Students’ Creative Thinking Skills in Elasticity Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3856–3861. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3695
Irman, S., & Waskito, W. (2020). Validasi modul berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 260–269. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26156
Khaerunnisak, K. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Simulasi Physic Education Technology (PhET). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.109
Kurniawan, A., Damanik, B. A. R., Sastraatmadja, A. H. M., Asroni, A., Makruf, S. A., & Novita, Y. (2022). Model Pembelajaran Inovatif. Global Eksekutif Teknologi. https://books.google.co.id/books?id=apShEAAAQBAJ
Muliyati, D., Bakri, F., Siswoyo, S., Ambarwulan, D., Septyaningrum, L. D., Budi, A. S., & Fitriani, W. (2020). The implementation of project-based learning to enhance the technological-content-knowledge for pre-service physics teacher in ICT courses. Journal of Physics Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022023
Pan, G., Shankararaman, V., Koh, K., & Gan, S. (2021). Students’ evaluation of teaching in the project-based learning programme: An instrument and a development process. The International Journal of Management Education, 19(2). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100501
Pangumbahas, N., Tumangkeng, J. V., & Tulandi, D. A. (2023). Efektivitas model Project Based Learning berbantuan media presentasi pada materi gerak parabola. Charm Sains, 4(1), 70-75.
Podolefsky, N., Rehn, D., & Perkins, K. K. (2019). The PhET Interactive Simulations project: Teacher development and integration. Physics Education, 54(1), 015004.
Puspitasari, L., Subiki, S., & Supriadi, B. (2022). Pengaruh media PhET simulation terhadap motivasi dan hasil belajar fisika siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2). https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.37682
Santoso, P. D. T. (2022). Rancangan pembelajaran berkarakteristik inovatif abad 21 pada materi penguat audio dengan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) di SMKN 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 276–287.
Septiana, A., Afifah, L., & Kusumawati, T. (2021). PhET simulation sebagai alternatif media pembelajaran mata pelajaran IPA di sekolah dasar untuk meningkatkan minat belajar siswa. DIDAKTIS 6: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 6(1), 117-130.
Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi penggunaan media simulasi PhET dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 01(02), 39-44. http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1448
Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan e-modul berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran simulasi digital untuk siswa kelas X studi kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 184–197. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8526
Wirda, R. (2022). Optimalisasi motivasi dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran ekonomi KD 3.6/4.6 materi bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia melalui model projects based learning metode pemberian tugas di kelas X.IPS.3 M. Journal on Education, 4(4), 1158–1168. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.529