Video Animasi sebagai Media Pembelajaran: Dampaknya pada Minat dan Hasil Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan media pembelajaran berbasis video animasi terhadap minat dan hasil belajar IPA pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII SMPTK Diaspora Kabupaten Sorong tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen murni dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari seluruh siswa kelas VIII, berjumlah 15 siswa, yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan tiga variabel: variabel X (media pembelajaran berbasis video animasi), Y1 (minat belajar), dan Y2 (hasil belajar). Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan non-tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan media pembelajaran video animasi terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa. (1) Terhadap minat belajar, diperoleh nilai thitung = 214,484 dan ttabel = 1,770 pada taraf signifikan 5%, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Terhadap hasil belajar, diperoleh nilai thitung = 22,003 dan ttabel = 1,770 pada taraf signifikan 5%, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis video animasi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMPTK Diaspora Kabupaten Sorong tahun ajaran 2021/2022.
Downloads
References
Alifa, N. S., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). Pengembangan media video pembelajaran animasi berbasis Kinemaster untuk meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kedaleman IV. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Instructional Research, 8(2), 165-176. http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i2.13125
Andrasari, A. N., Haryanti, Y. D., & Yanto, A. (2022). Media pembelajaran video animasi berbasis Kinemaster bagi guru SD. Dalam Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2022: Transformasi Pendidikan di Era Super Smart Society 5.0 (hlm. 76-83). Universitas Majalengka.
Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231
Liu C., & Elms P. (2019). Animating student engagement: The impacts of cartoon instructional videos on learning experience. Research in Learning Technology, 27. https://doi.org/10.25304/rlt.v27.2124
Lubis. (2016). Telaah kurikulum pendidikan menengah umum/sederajat. Medan: Perdana Publishing.
Rahmani, I. (2022). Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia di Dalam Bidang Pendidikan Tinjauan Dari Pasal 31 Undang-undang Dasar Tahun 1945. Pamulang Law Review, 5(1), 77–84. https://doi.org/10.32493/palrev.v5i1.23611
Sari, L., & Samawi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa slow learner. Jurnal P3LB, 1(2), 125-130. http://dx.doi.org/10.17977/um029v1i22014p140-144
Situmorang, R. P., & Andayani, E. P. (2019). Penggunaan media animasi berbasis Macromedia Flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep materi sistem peredaran darah manusia. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i1.14544
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta.
Waruwu, A. B. C., & Sitinjak, D. (2022). Penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589