Implementasi media pembelajaran interaktif terhadap minat belajar IPA siswa: studi kasus di SDN Inpres Rabakodo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap minat belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus. Alasan peneliti memilih studi kasus karena jenis pendekatan ini sangat cocok untuk mengambarkan keadaan dan situasi di SDN Inpres Rabakodo Bima yang merupakan tempat penelitian. Subjek pada penelitian ini adalah Waka Kurikulum, Guru kelas dan Beberapa guru yang bersedia untuk di wawancarai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Observasi dan wawancara dengan Triangulasi sumber. Teknik analisis dengan menggunakan Model Miles Huberman. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat di simpulkan bahwa 1) adanya pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap minat belajar IPA siswa SDN INPRES RABAKODO 2) Pemakaian media pembelajaran dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar hal baru dalam materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga dapat dengan mudah dipahami 3) Media pembelajaran yang menarik bagi siswa dapat menjadi rangsangan bagi siswa dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Amalia, M., Pratama, M. V., Pratiwi, N. A., & Fujiarti, A. (2024). Pengaruh Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01), 39–47. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.689
Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888
Darmayanti, N. W. S., & Wulansari, N. L. M. (2023). Analisis Ketersediaan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Ipa Kelas v Sd Di Sd Bali Bilingual School. Rarepustaka, 5(2), 56–63. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v5i2.182
Inayah, Muh., Lolotandung, R., & Irmawati, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar. Ejpgsd, 6(1), 29–38. https://doi.org/10.47178/elementary.v6i1.2056
Listyani, P. C. A., Margunayasa, I. G., & Handayani, D. A. P. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Miskonsepsi IPA Siswa Kelas v SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(1), 88–97. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62051
Marheni, N. K., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 351. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27414
Pratama, M. P., & Hasanah, F. N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Sd. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 311–319. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4454
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas v Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11. https://doi.org/10.21009/jpd.061.02
Setiawan, W., & Rusmana, N. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Memperbaiki Miskonsepsi Siswa Tentang Materi Ipa Kelas v Sd. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 116–126. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.981