EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI E-COKLIT PADA PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH UNTUK PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024

  • Nur Isma Hani UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN
  • Dwian Hartomi Akta Padma Eldo Universitas Sains Al-qur'an
Keywords: Efektivitas, E-coklit, Data Pemilih

Abstract

Aplikasi E-coklit hadir sebagai alat bantu pantarlih dalam proses pencocokan dan penelitian sehingga dapat menghasilkan data pemilih yang akurat, mutakhir dan berkelanjutan. Sebagai aplikasi baru tentunya banyak pendapat dari kalangan pengguna, untuk itu perlu dilakukan analisis terkait efektivitas penggunaan aplikasi E-coklit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi E-coklit di Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Data yang dihasilkan dari metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang didukung data dari objek penelitian. Pengukuran Efektivitas dilihat dengan Teori Budiani dengan 4 Variabel yaitu Ketepatan sasaran, Tujuan Program, Sosialisasi Program dan Pemantauan Program. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Efektivitas penggunaan Aplikasi E-coklit di KPU Kabupaten Wonosobo secara umum sudah efektif dan baik, Dibuktikan dengan Program Penggunaan Aplikasi E-coklit sesuai sasaran dan tujuan Program, Pantarlih merasa terbantu dengan adanya Aplikasi ini, data lebih valid dan sistem datanya terpusat. Dilihat dari Sosialisasi dan Pemantauan Program sudah terlaksana. Dinilai dari Pantarlih merasa mudah dalam pengoperasian Aplikasi dan evaluasi yang dilakukan. Meskipun masih terdapat kendala dan pelaksanaan yang belum maksimal seperti ditemukannya Pantarlih dan PPS yang merasa kurang maksimal dalam proses Sosialisasi dan Pemantauan penggunaan Aplikasi E-coklit. Faktor pendukung dan penghambat yaitu tingkat akurasi data yang dihasilkan lebih baik dibandingkan dengan coklit manual karena aplikasi lebih mudah mendeteksi kesalahan data. Serta E-coklit sebagai alat pemantauan kinerja pantarlih, Faktor penghambatnya yaitu aplikasi baru yang memungkinkan masih proses pengembangan dan uji coba. Memungkinkan terjadi ketidakstabilan masalah kinerja yang belum berjalan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-01
How to Cite
Hani, N. I., & Eldo, D. H. A. P. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI E-COKLIT PADA PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH UNTUK PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024. JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMINSTRASI PUBLIK, 4(1), 194-206. https://doi.org/10.36232/jppadap.v4i1.6486

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.