https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/issue/feed Jurnal Abdimasa 2020-04-07T02:34:12+00:00 Anang Triyoso atriyoso@yahoo.com Open Journal Systems <p>Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat merupakan wadah untuk memperkaya publikasi hasil pengabdian pada masyarakat.</p> <p>ESSN <a href="http://u.lipi.go.id/1526885957" target="_blank" rel="noopener">2621-8100</a></p> https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/347 PENDAMPINGAN LITERASI MELALUI PROGRAM PENGUATAN BACA TULIS KELAS AWAL WILAYAH PINGGIRAN DAN TERPENCIL 2019-12-15T11:53:07+00:00 Sirojjuddin Sirojjuddin Sirojjuddin.biologi3@gmail.com Abdul Hafid abdulhafid@unimudasorong.ac.id Mursalim Mursalim mursalim@unimudasorong.ac.id <p>Pendampingan Litarsi Program Penguatan Baca Tulis Kelas Awal Wilayah Pinggiran Dan Terpencil Kabupaten Sorong Papua Barat bertujuan untuk melatih dan mendampingi guru-guru di lingkungan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Sorong dalam program literasi dengan harapan meningkatkan kemampuan baca tulis siswa kelas awal di wilayah tersebut. Hal ini perlu kita laksanakan karena mayoritas penduduk asli Kab. Sorong berada di daerah pinggiran dan dan hampir 50% belum/tidak bisa membaca. Program ini bekerjasama dengan pihak Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Sorong dan dari 8 bulan di-rencanakan, program ini. Kegiatan ini telah berjalan sesuai dengan yang direncanakan dengan beberapa luaran berhasil dicapai diantaranya Pelatihan Literai bagi Guru Kelas Awal, Pelatihan MBS, Pelatihan LKT dan Monitoring Tahap I, Penguatan dan Pendampingan Literasi oleh Mentor, Pelatihan &amp; Pendampingan perpustakaan ramah anak, Pelatihan &amp; Pendampingan startegi membaca, Monitoring dan Evaluasi II</p> 2020-01-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/348 PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS IT MENGGUNAKAN PROGRAM LECTORA PADA GURU MTS KOTA SORONG 2019-12-15T11:58:38+00:00 fathurrahman fathurrahman fathurphysics@gmail.com Indri Anugrah RAmadhani indianugrah18@gmail.com <p>Setelah melakukan survey awal Selama ini masalah yaang timbul di kalangan para guru adalah sulitnya mengembangkan media pembelajaran, sehingga banyak guru pada saat mengajar hanya menggunakan media konfensional, misalnya di MTS Az Zikra Kota Sorong rata-rata guru mengajarkan matapelajaran IPA menggunkan media konfensional padahal semakin banyak media yang diberikan kepada siswa maka minat, prestasi bahkan hasil belajar siswa akan lebih bagus. Banyak guru yang merasa bahwa mengajar dengan menggunakan media itu sangat susah sehingga membuat minat guru untuk belajar juga turun, hal ini juga dipengaruhi oleh usia, karena sebagian guru sudah berusia diatas 40 tahun, akibatnya guru merasa bahwa mempelajari ICT atau mengembangkan media dalam pembelajaran merasa susah.</p> <p>Metode pelaksanaan yang digunakan dalam proses pengabdian masyarakat adalah metode SDLC (<em>System Development Life Cycle</em>). Setelah itu megkaji masalah yang terjadi sehingga bisa menemukan masalah yang menjadi hambatan pada sekolah mitra tersebut. Selanjutnya menawarkan solusi terhadap sekolah mitra untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi disekolah mitra. Adapun langkah-langkah yang ditawarkan adalah perencanaan, tahap analisah, tahap perancangan dan tahap penerapan. Didalam kegiatan ini ada dua jenis luaran yaitu luaran wajib dan luaran tambahan, luaran&nbsp; wajib dalam pelaksanaan ini adalah (1) melakukan publikasi dimedia lokal (Radar Sorong) dengan terget sudah terbit atau sudah dilaksanakan dalam&nbsp; jangka waktu 1 tahun pertama, (2) melakukan publikasi vidio kegiatan dimedia Televisi lokal yaitu CWM, namun pada saat mau di publikasi di CWM ternyata anggarannya terlalu besar dan tidak relevan dengan anggaran, sehingga Vidionya di unggah di Youtobe LP3M, dengan target sudah dilakakukan dalam&nbsp; jangka waktu 1 tahun pertama sedangkan luaran tambahan adalah melakukan publikasi jurnal di jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat dengan terget sudah dalam bentuk draft dalam&nbsp; jangka waktu 1 tahun pertama</p> 2020-01-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/349 SEPEDA PINTAR (SEKOLAH PEDULI KOKODA PINTAR): PEMBERANTASAN BUTA AKSARA SISWA SEKOLAH ALAM NATIKORAE USILI AIMAS KABUPATEN SORONG 2019-12-15T12:12:15+00:00 Abdul Hafid abdulhafid@unimudasorong.ac.id Firman Firman abdulhafid@unimudasorong.ac.id Fransiska Hae Fransiska@gmail.com Nurlinda Auliah Nurlinda@gmail.com <p>Program ini bertujuan untuk membantu anak-anak usia sekolah dasar mampu membaca dan menulis permulaan. Program ini dilaksanakan di Sekolah Alam Natikorae Usili Aimas Kabupaten Sorong. Tahapan pelaksanan program meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pelaporan dan publikasi. Hasil dari program ini adalah siswa yang belum memasuki usia sekolah sama sekali belum bisa menulis dan membaca. Siswa yang sebelumnya belum bisa menulis, mulai bisa menulis. Siswa yang sebelumnya bisa menulis namun masih ada kesalahan, setelah program ini diadakan kesalahan sudah sangat berkurang. Siswa yang sebelumnya tidak mengenal abjad sama sekali, mulai mengenal abjad. Siswa yang secara artikulasi belum bisa menyebut abjad dengan benar, sudah banyak bisa menyebut abjad dengan benar. Siswa yang sebelumnya belum bisa menggabungkan huruf, sudah bisa menggabungkan huruf menjadi suku kata. Siswa yang sebelumnya belum bisa menggabungkan suku kata menjadi kata, setelah program ini sudah banyak bisa menggabungkan suku kata.</p> 2020-01-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/350 HIDRO BROKOLI (Program Pendampingan Budidaya Brokoli (Brassica oleracea L) untuk Meningkatkan Gizi Masyarakat Kampung Arar) 2019-12-15T12:20:52+00:00 Jaharudin Jaharudin jaharudin2008@gmail.com Budi Santoso 92budisantoso@gmail.com <p>Hidroponik Brokoli merupakan program pendampingan budidaya Brokoli (<em>B</em><em>rassica </em><em>o</em><em>leracea</em> L) untuk meningkatkan gizi masyarakat di kampung Arar. Latar belakang pemilihan media tanam hidroponik adalah lokasi pulau Arar pesisir pantai sehingga tekstur tanahnya kurang cocok apabila ditanami sayur-sayuran. Program PKMS ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) meningkatkan keterampilan masyarakat kampung Arar tentang bercocok-tanam menggunakan media hidroponik; (2) peningkatan keterampilan pengolahan tanaman hidroponik dari pembibitan sampai panen; Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metode ceramah, demonstrasi dan penugasan. Dalam pelaksanaan program kegiatan akan dilakukan pendampingan (monitoring). Program pengabdian ini akan diikuti oleh warga kampung yang berjumlah 20 orang. Program pelatihan akan dibimbing langsung oleh dosen pendidikan Biologi STKIP Muhammadiyah Sorong. Pengabdian ini berlangsung selama 6 (enam) bulan terhitung mulai target Juni hingga November 2019. Target luaran dari kegiatan ini adalah (i) satu artikel ilmiah yang di publikasikan melalui jurnal ISSN (ii) satu artikel pada media massa cetak (iii) video kegiatan (iv) Terjadi peningkatan keterampilan bercocok-tanam hidroponik yang ditandai dengan a) masyarakat dapat bercocok-tanam menggunakan media tanam hidroponik b)&nbsp; masyarakat dapat menyemai bibit hidroponik.</p> 2020-01-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/351 PENDAMPINGAN PROGRAM HYDROPONIC GARDEN SEBAGAI SOLUSI PEMENUHAN KEBUTUHAN SAYURAN BAGI MASYARAKAT PESISIR PANTAI KAMPUNG FAFANLAP DISTRIK MISOOL SELATAN KABUPATEN RAJA AMPAT 2020-04-07T02:34:12+00:00 Febrian Andi Hidayat febrianandi12@gmail.com Indri Anugrah Ramadhani indianugrah18@gmail.com Ihsan Ihsan ihsan@gmail.com <p>Kampung Fafanlap merupakan salah satu kampung yang terdapat di distrik Misool Selatan, Kabupaten Raja Ampat. Untuk mencapai kampung lainnya, masyarakat kampung Fafanlap harus menempuh perjalanan laut selama kurang lebih setengah jam perjalanan. Seperti halnya kampung-kampung yang berada di distrik Misool, kampung Fafanlap berada di daerah pesisir pantai dengan sebagian besar masyarakat bekerja sebagai nelayan. Masyarakat tidak mempunyai lahan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan sayur maupun buah, sehingga diperlukan adanya pemahaman terhadap masyarakat tentang penggunaan media lain selain tanah guna mengatasi permasalahan masyarakat tersebut. Salah satu teknik budidaya tanaman sayuran yang dapat dilakukan pada lahan sempit dan tanpa menggunakan tanah yaitu teknik hidroponik atau lebih lengkapnya kebun hidroponik (<em>Hydroponic Gardern</em>). Teknik menanam secara hidroponik merupakan teknik budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya, akan tetapi menggunakan air dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman tersebut.<em> Hydroponic Garden </em>yang telah dilakukan memberikan pemahaman tersendiri bagi masyarakat kampung Fafanlap, warga merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan dan pendampingan penanaman sayuran dengan cara hidroponik sederhana. Berdasarkan tahap akhir yaitu evaluasi, didapatkan hasil bahwa tingkat pertumbuhan sayuran dengan cara hidroponik sederhana mencapai 85%.</p> 2020-01-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/352 PENULISAN JURNAL ILMIAH PADA GURU DI KABUPATEN SORONG MELALUI WORKSHOP TERPADU 2019-12-15T12:36:42+00:00 Siti Fatihaturrahmah Al. Jumroh s.vatyh28@gmail.com Haryati Haryati Haryati@gmail.com <p>Saat ini, banyak guru yang mengalami kendala dalam mengurus kenaikan pangkat yang disebabkan oleh adanya pemberlakuan peraturan baru yakni Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpan) Nomor 16 Tahun 2009 yang mengatur tentang jabatan fungsional guru dan angka kredit bahwa setiap guru yang ingin mengurus kenaikan pangkat harus memiliki karya ilmiah yang diterbitkan. Diberlakukannya peraturan tersebut membuat guru mau tidak mau harus mampu membuat karya ilmiah atau memahami penyusunan karya ilmiah baik itu yang berbentuk penelitian maupun penulisan. Akan tetapi peraturan baru tersebut dianggap telah menjadi batu sandungan bagi guru, karena sebagian besar guru di Sorong belum paham membuat karya ilmiah. Hal tersebut diperkuat dengan adanya survei terhadap pengelola jurnal yang ada di kabupaten Sorong diketahui masih banyak karya ilmiah yang belum sesuai dengan aturan kepenulisan karya ilmiah. Selain itu, bahkan tidak sedikit guru yang meminta bantuan pihak pengelola jurnal untuk memperbaiki karya ilmiah mereka. Peraturan yang menetapkan harus adanya karya ilmiah yang diterbitkan merupakan momok yang sangat menakutkan bagi guru. Padahal alasan dibalik pemberlakuan peraturan tersebut mengharapkan perbaikan kinerja dan menjadikan guru-guru sebagai pendidik yang handal dan profesional. Sehingga, efek yang dihasilkan adalah akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Berdasarkan penjelasan permasalahan yang terdapat pada guru di kabupaten Sorong berkaitan dengan penulisan karya ilmiah, pengabdi menawarkan suatu kegiatan perubahan pembinaan sekaligus pelatihan penulisan jurnal ilmiah bagi guru yang dikemas dalam bentuk <em>workshop</em> terpadu yang dalam kegiatannya bersifat serius, santai, dan menyenangkan. Dengan adanya kegiatan pembinaan dan pelatihan tersebut memberikan perubahan dan membantu guru untuk memecahkan permasalahan dan kesulitannya dalam menulis karya ilmiah. Terbukti ada beberapa guru yang sudah dapat menerbitkan jurnalnya. Kegiatan dilakukan di sekolah mitra yang telah ditentukan sebelumnya melalui kesepakatan antara tim pengusul dan sekolah mitra. Luaran yang akan dihasilkan dalam program pengabdian ini adalah publikasi ilmiah dan layanan jasa pelatihan yang bisa diterapkan di sekolah-sekolah lain yang memiliki guru-guru dengan permasalahan yang sama.</p> 2020-01-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/353 PENERAPAN GAYA LITERASI READ AND WRITING BAGI SISWA DI SD LABSCHOOL STKIP MUHAMMADIYAH SORONG WARMON KOKODA KABUPATEN SORONG 2019-12-15T12:41:45+00:00 Nouval Rumaf ovhal2015@gmail.com Asih Wahyuningsih asihw@gmail.com <p>Kondisi pendidikan yang ada di suku Warmon Kokoda sangatlah tragis dan memprihatinkan. Warmon Kokoda adalah salah satu suku dari banyak suku di daerah Papua yang memiliki masalah pendidikan yang perlu mendapat perhatian serius dari pihak pemerintah. Salah satu permasalahan pendidikan yang ada yaitu kurangnya kemampuan membaca dan menulis bagi masyarakat yang terdapat di suku Warmon Kokoda. Saat ini, telah digalakkan segencar-gencarnya gerakan literasi untuk membantu meminimalisir permasalahan yang ada. sehingga, masalah ketertinggalan di bidang pendidikan dalam hal ini adalah membaca dan menulis yang terjadi di suku Warmon Kokoda merupakan masalah yang serius. Bahkan terdapat ungkapan yang mengatakan Bangsa yang literasi masyarakatnya masih rendah akan mengalami peradaban yang suram. peradaban yang suram tersebut dapat terlihat dengan adanya penyimpangan yang diakibatkan oleh rendahnya kemampuan baca tulis tersebut dapat terlihat seperti, Anak-anak SMA belum bisa baca tulis dan memiliki ijazah itu dianggap hal yang wajar. Sekali lagi, hal tersebut bukan diakibatkan oleh kurangnya minat baca tulis namun lebih disebabkan oleh ketiadaan guru yang berkeinginan mengabdi dan mengajar di sekolah-sekolah pinggiran atau terpencil khususnya di suku Warmon Kokoda salah satunya. Faktor lainnya, adalah minimnya kemampuan baca tulis siswa karena kurangnya akses siswa mendapatkan buku pelajaran sebagai sumber infomasi pengetahuan. Oleh karena itu, pengusul mencoba menawarkan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di suku Warmon Kokoda. Solusi yang ditawarkan adalah berupa kegiatan pembinaan baca tulis dengan penerapan gaya literasi bagi siswa di SD Labschool STKIP Muhammadiyah Sorong Warmon Kokoda. Dalam kegiatannya siswa dibina untuk membaca dan menulis gaya literasi yang berpaduan dengan background alam. Dengan demikian, siswa akan lebih gampang memahami dalam belajar membaca dan menulis, karena siswa lebih merasa rileks. Sebagaimana diketahui, anak papua lebih dekat dan lebih bersahabat dengan alam. Luaran yang akan dihasilkan dalam program pengabdian ini adalah Publikasi artikel pada media masa cetak (Lokal) sebagai luaran wajib sehingga dengan adanya publikasi artikel ini diharapkan permasalahan yang terjadi mengenai pendidikan di suku Warmon Kokoda diketahui oleh khalayak dan pemerintah pada khususnya sehingga, mendapatkan perhatian yang lebih serius. Selain itu, luaran yang dihasilkan adalah menghasilkan anak-anak suku Warmon Kokoda khususnya siswa SD Labschool STKIP Muhammadiyah Sorong menjadi siswa yang sudah mengalami peningkatan dalam kemampuan membaca dan menulis.</p> 2020-01-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/359 PELATIHAN TEKNIK PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA SMP LABSCHOOL PULAU ARAR 2019-12-23T05:55:47+00:00 hayudi hayudi hayudibuton86@gmail.com <p style="margin: 0px; text-align: justify; line-height: 150%; text-indent: 1cm;"><span lang="IN" style="margin: 0px; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman',serif;">Permainan bola voli adalah permainan beregu yang dimainkan dengan cara memvolly bola dengan tujuan agar bola tidak terjatuh dilantai. Selain itu tujuan permainan bola voli adalah berusaha menyeberangkan bola ke daerah permainan lawan dengan maksud untuk mendapatkan point sebanyak-banyaknya. Penguasaan teknik dasar bola voli adalah faktor utama dalam mempelajari atau melakukan permainan ini. Karena tanpa penguasaan keterampilan teknik dasar bisa dipastikan seseorang tidak bisa melakukan permainan bola voli.</span></p> <p style="margin: 0px; text-align: justify; line-height: 150%; text-indent: 1cm;"><span lang="IN" style="margin: 0px; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman',serif;">Bentuk kegiatan yang dilaksanakan berupa pelatihan teknik dasar passing bawah secara langsung kepada para siswa SMP Labschool STKIP Muhammadiyah Sorong. Selain dalam bentuk praktek, pada kegiatan ini juga dijelaskan konsep teknik dasar permainan bola voli.</span></p> <p><span lang="IN" style="margin: 0px; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman',serif; font-size: 11pt;">Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat mendapat apresiasi yang sangat baik dari peserta pelatihan teknik dasar passing bawah bola voli. Hasil kegiatan pelatihan ini berdampak pada keterampilan siswa dalam melakukan passing bawah meningkat. Hal ini bisa dilihat ketika siswa melakukan passing bawah yang dulunya mengalami kesulitan pada saat melakukan passing bawah dengan indikator satu atau dua kali pantulan bola sudah mati, setelah pelatihan siswa sudah terampil melakukan passing bawah bola voli dengan banyak sentuhan</span>.</p> 2020-01-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/401 Pelatihan Pemanfaatan “Scientifik Calculator” dalam mendukung pembelajaran Science, Technology, Enginering, and Mathematics (STEM) bagi Guru Matematika SMA/SMK Se-Kota dan Kabupaten Sorong Papua Barat 2020-03-21T15:45:04+00:00 Sahidi Sahidi dyon448@gmail.com Eko Tavip Maryanto eko_tavip@yahoo.com <p>Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman guru dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan <em>Scientific Calculator</em> Casio FX-991 EX<em> Claswizz</em> di SMA/SMK &nbsp;se-kota dan se-kabupaten Sorong dalam mendukung pembelajaran <em>Science, Technlogy, Engineering and Mathematics</em> (STEM) dan implimentasi dalam pembelajaran matematika di Sekolah menengah atas dan kejuruan, meningkatkan kemampuan guru SMA/SMK dalam membuat Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis STEM dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan keterampilan guru SMA/SMK dalam mengimplimentasikan pembelajaran berbasis STEM berdasarkan kurikulum yang berlaku saat ini serta mampu menggunakan kalkulator dalam menyelesaikan&nbsp; berbagai perhitungan sehingga dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran matematika. Metode Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini akan dilaksanakan di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Kegiatan memilki tiga tahap yaitu tahap persaipan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah Pemahaman guru-guru&nbsp; SMA/SMK di kota dan kabupaten Sorong tentang penggunaan <em>Scientific Calculator Casio FX-991 EX Classwiz</em> dalam mendukung pembelajaran berbasis STEM mengalami peningkatan pemahaman dan mengalami kemudahan dalam pembelajaran, kemampuan guru-guru SMA/SMK dalam membuat LKPD berbasis STEM sesuai dengan tujuan, indikator pembelajaran sudah&nbsp; berkategori baik.</p> 2019-12-15T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/404 E-COMERCE MOBILE SEBAGAI SARANA MEMBANGUN JARINGAN WIRAUSAHA UNTUK PEMASARAN PRODUK DI KABUPATEN SORONG 2020-03-23T12:45:13+00:00 Eko Tavip Maryanto eko_tavip@yahoo.com Heny Sri Astutik hennysriastutik@um.ac.id Syamsulrizal Syamsulrizal syamsulrizal05@gmail.com <p>Kegiatan pengebdian ini bertujuan untuk mengatasi permaslahan yang di alami oleh masyarakat terkait dengan para wirausahawan pemula dalam mengembangkan bisnisnya melalui teknologi informasi yang berbentuk <em>e-comerce mobile</em>. Kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Sorong yang diikuti oleh seluruh penerima bantuan dana dari Kemenkom dan dan UKM, masyarakat yang belum produktif, komoditas, dan masyarakat yang tidak produktif yang ada di kabupaten sorong. Metode yang digunakan dalam kegiatan yaitu Pendidikan, Pelatihan, Penyebarluasan, dan Pendampingan. Kegiatan ini pun mendapatkan respon baik, baik dari peserta dan Pihak dinas Koperasi dan Usaha kecil menengah. Hasil pelaksanaan kegiatan yang didapat setelah mengikuti pelatihan tersebut yaitu peserta pelatihan mempunya sebuah toko kecil di smarphonnya (e-commerce) serta peserta mempunya bekal dan tau cara memeasarkan produk produknya melalui digital smartphone.</p> 2019-12-15T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##