ANALISIS KESESUAIAN INSTRUMEN EVALUASI DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMA KELAS X DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA
Abstract
Artikel ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian instrumen evaluasi buku teks bahasa Indonesia SMA kelas X terbitan Tiga Serangkai dengan perkembangan kognitif siswa. Objek penelitian ini adalah instrumen evaluasi berbentuk tes esai (uraian) yang terdapat pada buku teks bahasa Indonesia (BTBI) SMA kelas X berjumlah 60 butir soal. Teknik analisis yang digunakan adalah prosedur observasi yaitu (1) mengidentifikasi objek penelitian, (2) menjelaskan berbagai jenis data yang telah dikumpulkan, dan (3) membahas data hasil penelitian. Pengidentifikasian objek penelitian dilakukan dengan cara mengoding berbagai data tentang indikator perkembangan kognitif siswa, yaitu dengan cara menelaah kata-kata operasional yang digunakan serta bentuk tagihan atau kompetensi yang akan diukur. Hasil pengumpulan data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan data persentase. Berdasarkan analisis 3 karakteristik perkembangan kognitif siswa terhadap 60 butir soal uraian diperoleh 41, 67% berpikir abstrak, 20% kemampuan berpikir sistematik, dan 38, 33% kemampuan berpikir eksperimentasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi yang ada dalam buku teks bahasa Indonesia SMA kelas X terbitan Tiga Serangkai sesuai dengan perkembangan koginitif siswa.