PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD INPRES 33 KABUPATEN SORONG

  • Desti Rahayu Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Devi Iswati Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk  (1)  mendeskripsikan kemampuan  menulis karangan deskripsi  (2)  mendeskripsikan  kemampuan  menulis  karangan deskripsi  pada siswa yang dibelajarkan  dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V di  gugus  V SD 33 Kabupaten Sorong (3)  mengetahui  perbedaan  yang  signifikan  antara kemampuan menulis karangan deskripsi Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  Kuantitatif  dan  menggunakan  desain One Grup Pre Test Post test.  Populasi  penelitian  ini  adalah  seluruh  siswa  kelas  V  SD  33 Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2018. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah SD Inpres 33 Kabupaten Sorong. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purpose sampling.  Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Hasil analisis data menggunakan Uji Regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan menulis karangan deskripsi siswa  sebelum mmenggunakan pendekatan kontekstual sebesar  9,73  dan setelah perlakuan rata-rata keterampilan  menulis  karangan  deskripsi  siswa  kelompok  eksperimen  sebesar  81,79  dan berada pada kategori sangat baik. Dari hasil tersebut, maka terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis karangan deskripsi sebelumdan setelah pendekatan kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-10