PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD INPRES 33 KABUPATEN SORONG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi (2) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V di gugus V SD 33 Kabupaten Sorong (3) mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis karangan deskripsi Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dan menggunakan desain One Grup Pre Test Post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 33 Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2018. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah SD Inpres 33 Kabupaten Sorong. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purpose sampling. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Hasil analisis data menggunakan Uji Regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan menulis karangan deskripsi siswa sebelum mmenggunakan pendekatan kontekstual sebesar 9,73 dan setelah perlakuan rata-rata keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelompok eksperimen sebesar 81,79 dan berada pada kategori sangat baik. Dari hasil tersebut, maka terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis karangan deskripsi sebelumdan setelah pendekatan kontekstual.