HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DENGAN MINAT BACA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD YPK ALFA OMEGA WAISAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas guru dengan minat baca pada pelajaran bahasa indonesia kelas V SD YPK Alfa Omega Waisai. Jenis Penelitian yang digunanakan adalah penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket untuk kreativitas guru dan lembar angket untuk minat baca siswa. Teknik analisis data terdiri dari tahap uji normalitas, dan uji hipotesis korelasi. Dari hasil uji hipotesis korelasi pada variabel kretivitas guru memiliki nilai pearson correlation 0,243 dan Sig.(2-tailed) 0,242 sedangkan pada variabel minat baca siswa nilai pearson correlation 0,243 dan Sig.(2-tailed) 0,242. Berdasarkan hasil pengamatan bahwa guru di SD YPK Alfa Omega Waisai, mempunyai ide baru, selalu berbeda, guru juga selalu memberikan eksperimen di dalam kelas tidak hanya itu guru juga cekatan dalam pembelajaran. Siswa terlihat senang pada saat pembelajaran berlangsung hal di sebabkan karena guru yang selalu membuat pembelajaran menyengakan di dalam kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut saling berhubunga dengan positif, terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas guru dengan minat baca siswa pada pelajaran bahasa indonesia kelas V SD YPK Alfa Omega Waisai.