PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA SORONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Sorong. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Design dan tipe desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian seluruh kelas XI IPA yang berjumlah 178 dan sampel yang digunakan dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 peserta didik dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes sebagai pengukur hasil belajar peserta didik, observasi sebagai pengamatan aktivitas pembelajaran peserta didik dan dokumentasi sebagai pembuktian mulai dari proses pembelajaran sampai pada data-data yang harus dikumpulkan. Analisis data menggunakan uji z dengan taraf signifikasi yaitu 0,05. Hasil analisis data menggunakan uji z diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 3.446 > 1,96 maka H₁ diterima dan H₀ ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kota Sorong.