Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Aimas
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain Pre-Experimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Muhammadiyah Aimas dengan sempel kelas IV yang berjumlah 38 peserta didik. Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi peserta didik, istrumen pretest dan posttest, istrumen angket, dan istrumen media audio visual. Data yang diperoleh pada penelitian selanjutnya diuji normalitas sebagai uji prasyarat untuk melakukan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan yaitu One Sampel t-Test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Aimas dengan nilai thitung (0,007) < ttabel 0,05).