ANALISIS WACANA IKLAN SKINCARE LACOCO DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK
Discourse Analysis of Lacoco Skincare Advertisements on Facebook Social Media
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan fungsi yang terdapat dalam iklan Skincare Lacoco di media sosial Facebook. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, penelitian ini berfokus pada makna yang terkandung dalam iklan Skincare Lacoco yang dipromosikan melalui media Facebook. Teks iklan Skincare Lacoco yang meliputi latar, detail, maksud dan peranggapan. Penelitian ini merujuk pada teori analisis wacana kritis Teun A.Van Dijk untuk menganalisa beberapa fenomena, mengelaborasi menjadi satu kesatuan sehingga mengungkapkan suatu makna dalam wacana. Peneliti tertarik untuk mengkritisi iklan Skincare Lacoco ditinjau dari segi makna sebagai sumber data.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dari iklan Skincare Lacoco yang tersebar di media sosial Facebook. Hasilnya bahwa iklan Skincare Lacoco menjadi satu objek pengetahuan, tujuan iklan tersebut sebagai edukasi mengenai permasalahan kulit, konten dari iklan bahasanya sangat berimbang dalam mempermudah pemahaman masyarakat dalam memaknainya.