ANALISIS ILOKUSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KABUPATEN SORONG

  • Kory Fatem Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Ilokusi, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk tindak ilokusi dan fungsi tindak ilokusi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Data penelitian yang digunakan berupa tuturan siswa yang berbentuk tindak ilokusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miless dan Hubeman. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan, pertama bentuk tindak ilokusi dibagi menjadi tiga jenis: (1) Kalimat imperatif, yang teridiri dari (a) kalimat imperatif permintaan, (b) kalimat imperatif pemberian izin, (c) kalimat imperatif ajakan, (d) kalimat imperatif suruhan, dan (e) kalimat imperatif larangan. (2) Kalimat interogatif, yang terdiri dari (a) kalimat interogatif total, dan (b) kalimat interogatif parsial. (3) Kalimat deklaratif yang terdiri dari (a) kalimat deklaratif aktif, dan (b) kalimat deklaratif pasif. Kedua, fungsi tindak ilokusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 11 Kab. Sorong ada tiga: (1) Fungsi asertif, yang terdiri dari (a) menyatakan, (b) mengusulkan, (c) membual, dan (d) mengeluh. (2) Fungsi direktif, yang teridiri dari (a) permohonan, (b) larangan, (c) pemberian izin, (d) tindak pertanyaan, (e) tindak perintah dan (f) tindak menasihatkan. (3) Fungsi ekspresif yang terdiri dari (a) salam, (b) berterima kasih, (d) meminta maaf, dan (e) pujian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-05