ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS 4 DI SD NEGERI 24 KOTA SORONG
Abstract
Literasi adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memahami, mengelolah, serta mendapatkan informasi baru, dan juga merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil temuan peneliti ketika melakukan observasi dan wawancara yang bertujuan untuk menganalisis gerakan literasi sekolah terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas 4 di SD Negeri 24 Kota Sorong. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas 4 dan siswa kelas 4 di SD Negeri 24 Kota Sorong. Berdasarkan hasil data dan pembahasan yang dilakukan peneliti bahwa di SD Negeri 24 sudah menjalankan gerakan literasi sekolah dimulai dari kelas 1 sampai kelas 6, semua guru terlibat dalam gerakan literasi di masing-masing kelas. Namun pada dasarnya guru kelas 4 tidak melakukan gerakan literasi setiap hari dan ada tahapan-tahapan yang tidak diterapkan oleh guru kelas 4. Untuk membaca pemahaman peserta didik kelas 4, dari hasil peneliti siswa kelas 4 hanya sekedar membaca dan belum bisa menceritakan kembali apa yang mereka baca sebelumnya.