PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING DAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK): STUDI DESKRIPSI MATA KULIAH BERBICARA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH (UNIMUDA) SORONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada mata kuliah berbicara Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskripsi. Tempat penelitian di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, mata kuliah sampel adalah mata kuliah berbicara. Penerapan SCL dengan berbasis TIK meningkatkan kualitas pembelajaran, menjadikan pembelajaran bersifat kontekstual, suasana pembelajaran yang interaktif, pembelajaran tidak kaku, masing-masing mahasiswa dan kelompok mayoritas sudah aktif dalam berdiskusi. Hambatan pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah keberagaman latar belakang pendidikan mahasiswa, LMS yang masih dalam tahap pengembangan. Faktor ekternalnya adalah listrik yang sering padam, sehingga mengganggu jaringan internet dan pemanfaatan TIK. Referensi/literatur (toko buku dan perpusatakaan) di luar kampus yang sangat terbatas.