ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MAJARAN KABUPATEN SORONG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi atas ditemukannya perbedaan hasil belajar siswa, sementar mereka mendapatkan perlakuan yang sama saat belajar di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan lapangan, yaitu peneliti akan berangkat ke lapangan untuk melakukan pengamatan baik pengamatan tentang proses belajar mengajar, kondisi di sekolah akan di jadikan tempat mengamati hal-hal penting berkaitan dengan apa yang menjadi bahan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Kabupaten Sorong dengan jumlah keseluruhan 11 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan yakni (1) Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. (2) Sebagian siswa-siswi belum memiliki minat yang baik dalam mempelajari pelajaran bahasa indonesia terutama pada materi membuat dan membaca puisi.