https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/issue/feed Biolearning Journal 2019-11-12T06:29:03+00:00 Aung Sumbono aungsumbono@gmail.com Open Journal Systems <p>Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and<br>directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is published twice per year. The Purpose of Biolearning Journal: As a Media Information to meet the needs of the community in finding new innovations around the world of science education and biological sciences as well as all things related to science and directly related to the application of education and biological sciences. Biolearning Journal is one of the journals under the auspices of the Muhammadiyah Education University (UNIMUDA) Sorong. <br>p-ISSN :&nbsp;<a href="http://u.lipi.go.id/1411544133" target="_blank" rel="noopener">2406-8233</a>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;e-ISSN :&nbsp;<a href="http://u.lipi.go.id/1411543714" target="_blank" rel="noopener">2406-8241</a></p> https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/257 PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMA YPK BETHEL 2019-11-12T06:24:07+00:00 Sarlota Ijie sarlotaijie@gmail.com <p>Hasil belajar merupakan tujuan akhir dilaksanakannya kegiatan pembelajaran hasil belajar siswa di SMA YPK Bethel Aimas Khususnya pada siswa kelas XB yang dipakai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil terakhir (pretest) yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi menggunakan metode outdoor learning terhadap hasil belajar siswa kelas XB di SMA YPK Bethel Aimas. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XB. Metodologi pendidikan yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan alasan one group pretest-postest. Instrumen yang digunakan adalah penelitian tes yang sebelumnya diuji validitas dan uji reabilitas. Hasil yang diuji validitas pada instrumen yang digunakan valid. Data tes berdistribusi normal, hasil uji T-test paired sampai pada kelas XB didapati bahwa nilai T-hitung dan T-tabel yakni 0,576 &gt; 2,281 sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran menggunakan metode outdoor learningdari hasil test siswa diperoleh bahwa metode outdoor learning tersebut efektif sebagai metode pembelajaran. </p> 2019-07-15T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/258 PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG (Ipomeaguatice Forsk) SEBAGAI INDIKATOR TINGKAT PENCEMARAN AIR SUNGAI 2019-11-12T06:24:49+00:00 Anike Kastella anikekastella@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh tanaman kangkung bisa di jadikan indicator tingkat pencemaran air sungai.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tingkat pertumbuhan tanaman kangkung bisa dijadikan indicator tingkat pencemaran air sungai.Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif atau eksperimen semu.Populasi dan sampel penelitian ini adalah tanaman kangkung dan air sungai yang ada di daerah aimas. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji t. Berdasarkan perhitungan data tersebut diperoleh nilai thitung (3,264) &gt; ttabel (3,182) dan P (0,005) &lt; α (0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada ttabel dan probabilitas signifikansi kurang dari 0,05 maka Ha: diterima dan Ho: ditolak. Jika Ha diterima maka hipotesisnya berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan terhadap tanaman kangkung sebagai indikator tingkat pencemaran air sungai. </p> 2019-07-15T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/259 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA MIN MERAUKE PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA SUB TEMA ORGAN GERAK HEWAN MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SEMESTER GANJIL 2019-11-12T06:26:01+00:00 Husmaidah Husmaidah husmaidah23@gmail.com <p>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Untuk mendeskripsikan penerapan metode Course Review Horay pada mata pelajaran IPA sub tema organ gerak hewan pada siswa kelas Va MIN Merauke. 2). Untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode Course Review Horay pada pelajaran IPA sub tema organ gerak hewan pada siswa kelas Va MIN Merauke. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). subjek adalah peserta didik kelas VA MIN Merauke berjumlah 22 orang. objek dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran IPA dengan metode Course Review Horay pada kelas VA MIN Merauke. Waktu penelitian Juli 2018. Alat Pengumpul Data adalah lembar observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh Peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan hasil angket minat belajar dari siklus I ke siklus II masuk dalam kriteria tinggi. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal. Peningkatan hasil minat dan hasil belajar telah memenuhi kriteria keberhasilan.</p> 2019-07-15T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/316 PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) MENGGUNAKAN MIKROSKOP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAMATI OBYEK DENGAN MIKROSKOP BAGI SISWA VII A DI SMP MUH. AL-AMIN KOTA SORONG TAHUN 2019 2019-11-12T06:26:47+00:00 Andar Herawati andarherawati@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bagi Siswa VII A di SMP Muh. Al - Amin Kota Sorong melalui pemanfaatan model pembelajaran langsung menggunakan mikroskop pada materi mengamati obyek menggunakan mikroskop. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan model pembelajaran langsung menggunakan mikroskop dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat melalui aspek mendengarkan penjelasan pada siklus I sebesar 36% meningkat menjadi sebesar 76% pada siklus II. Partisipasi dalam mencatat penjelasan siklus 1 sebesar 58% meningkat menjadi sebesar 91% pada siklus II. Partisipasi dalam memperhatikan pembelajaran siklus I sebesar 45% meningkat menjadi sebesar 82.% pada siklus II. Partisipasi dalam bertanya siklus I sebesar 30% meningkat menjadi sebesar 61% pada siklus II. Partisipasi dalam menjawab pertanyaan siklus I sebesar 35% meningkat menjadi sebesar 88% pada siklus II. Partisipasi dalam mengeluarkan pendapat siklus I sebesar 52% meningkat menjadi sebesar 91% pada siklus II. Partisipasi dalam menghargai pendapat teman siklus I sebesar 70% meningkat menjadi sebesar 97% pada siklus II. Partisipasi dalam menjelaskan kembali siklus I sebesar 24% meningkat menjadi sebesar 61.% pada siklus II. (b) Pemanfaatan model pembelajaran langsung menggunakan mikroskop dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengamati obyek dengan mikroskop. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 58,70 meningkat menjadi 70,12 pada siklus II.</p> 2019-07-15T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/317 PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS X DI MAN KOTA SORONG 2019-11-12T06:27:39+00:00 Nurhaeda Nurhaeda nurhaeda12@gmail.com <p>Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X setelah diterapkan pembelajaran kontekstual dengan metode kerja kelompok materi pokok ikatan kimia semester gasal MAN Kota Sorong Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MAN Kota Sorong pada semester ganjil dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap di setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran kimia dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan metode kerja kelompok. Metode pengumpulan datanya berupa, metode observasi, dokumentasi, serta metode tes. Analisa data menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan siklus II. Hasil penelitian diperoleh pada siklus I nilai tertinggi 96 dan terendah 46 Rata-rata kelas pada siklus I 67 dan, pada siklus I keaktifan siswa sebesar 65%. Kinerja guru pada siklus I memperoleh nilai 62%. Dilihat dari indicator keberhasilan, siklus I kurang berhasil dan perlu perbaikan pada siklus II. Pada siklus nilai tertingi 96 dan terendah 56, rata-rata kelas pada siklus II 73. Sedangkan keaktifan siswa sebesar 86 % dan kinerja guru sebesar 84 %. Maka pada siklus II sudah berhasil. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan metode kerja kelompok, ini dapat dilihat dari keaktifan siswa, kinerja guru, rata-rata nilai siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi upaya peningkatan mutu pembelajaran yang dilaksanakan guru maupun lembaga yang bersangkutan.</p> 2019-07-15T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/318 IDENTIFIKASI AKTIVITAS MOLUSKISIDA LARUTAN Smilax Sp TERHADAP HAMA KEONG MAS (Pomacea Canaliculata Lamarck) 2019-11-12T06:28:31+00:00 Syarifuddin Labato Syarifudinlabato96@gemail.com Aung Sumbono aungsumbono@unimudasorong.ac.id Ratna Prabawati ratnaprabawati@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk Identifikasi aktivitas moluskisida larutan Smilax Sp terhadap hama Pomacea Canaliculata Lamarck. Penelitian dilakukan di Laboratorium MIPA, UNIMUDA SORONG pada bulan Juli 2019 menggunakan daun Smilax Sp untuk mortalitas Pomacea Canaliculata Lamarck . Dirancang dengan tiga perlakuan konsentrasi (25%, 50%, dan 75%) tiap perlakuan, dan masing-masing sebanyak 10 Pomacea Canaliculata Lamarck. dengan tiga kali ulangan. Data hasil pengamatan mortalitas organisme Diuji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa larutan Smilax Sp memiliki aktivitas moluskisida terhadap hama Pomacea Canaliculata Lamarck dengan kosentrasi larutan yang optimal 75% selama 2 jam.</p> 2019-07-15T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/319 EVALUASI PENIALAIAN KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DI SD INPRES 25 KABUPATEN SORONG TAHUN 2017 2019-11-12T06:29:03+00:00 Etti Herawati ettiherawati@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Penialaian Kinerja Guru Bersertifikasi di SD Inpres 25 Kabupaten Sorong. di Kabupaten Sorong, ditinjau dari empat kompetensi, yaitu: kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model Goal Oriented of Evaluation. Subjek penelitian adalah 78 orang Guru Bersertifikasi di SD Inpres 25 Kabupaten Sorong. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, lembar observasi, lembar penilaian, dan dokumentasi. Validasi instrumen dilakukan dengan validasi isi dan validasi konstruk. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa rata-rata nilai PK Guru secara keseluruhan guru Bersertifikasi di SD Inpres 25 Kabupaten Sorong mempunyai kinerja dengan kategori baik. Namun dilihat dari masing-masing kompetensi, tiga kompetensi mendapatkan penilaian cukup, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi profesional, sedangkan kompetensi kepribadian mendapatkan penilaian baik.&nbsp;</p> 2019-07-15T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##