https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/issue/feed Biolearning Journal 2023-02-07T01:43:58+00:00 Aung Sumbono aungsumbono@gmail.com Open Journal Systems <p>Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and<br>directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is published twice per year. The Purpose of Biolearning Journal: As a Media Information to meet the needs of the community in finding new innovations around the world of science education and biological sciences as well as all things related to science and directly related to the application of education and biological sciences. Biolearning Journal is one of the journals under the auspices of the Muhammadiyah Education University (UNIMUDA) Sorong. <br>p-ISSN :&nbsp;<a href="http://u.lipi.go.id/1411544133" target="_blank" rel="noopener">2406-8233</a>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;e-ISSN :&nbsp;<a href="http://u.lipi.go.id/1411543714" target="_blank" rel="noopener">2406-8241</a></p> https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/3697 HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI, DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN REGULASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA IMMIM PUTRA MAKASSAR 2023-02-07T01:43:56+00:00 Jaharudin Jaharudin jaharudin200@gmail.com Nurul Alia Ulfa nurulalia.ulfha@gmail.com Ratna Prabawati ratnaprabawati@gmail.com Budi Santoso budisantoso@gmail.com Saiful Anwar saifulanwar@gmail.com Sahidi Sahidi sahidi@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan penelitian&nbsp; <em>ex-post facto</em> yang bersifat kausalitas bertujuan mengetahui hubungan beberapa variabel yaitu variabel eksogen, yakni penyesuaian diri (X1), dukungan sosial teman sebaya (X2) dan regulasi diri (X3) dengan variabel endogen yakni motivasi belajar (Y1) dan hasil belajar Biologi (Y2). Data mengenai penyesuaian diri (X1), dukungan sosial teman sebaya (X2) dan regulasi diri (X3) dengan variabel endogen yakni motivasi belajar (Y1) diperoleh dari angket, sedangkan hasil belajar Biologi (Y2) diperoleh dari dokumentasi nilai hasil belajar Biologi siswa.&nbsp; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyesuaian diri memiliki hubungan langsung dengan motivasi belajar Biologi siswa dengan koefisien jalur 0,21, dukungan sosial teman sebaya memiliki hubungan langsung dengan motivasi belajar Biologi siswa dengan koefisien jalur 0,42 dan regulasi diri memiliki hubungan langsung dengan motivasi belaja Biologi siswa dengan koefisien jalur 0,37 kemudian penyesuaian diri memiliki hubungan langsung dengan hasil belajar Biologi siswa dengan koefisien jalur 0,17, dukungan sosial teman sebaya memiliki hubungan langsung dengan hasil belajar Biologi siswa dengan koefisien jalur 0,12 dan regulasi diri memiliki hubungan langsung dengan hasil belajar Biologi siswa dengan koefisien jalur 0,33, motivasi belajar memiliki hubungan langsung dengan hasil belajar Biologi dengan koefisien jalur 0,38 sedangkan penyesuaian diri memiliki hubungan secara tidak langsung dengan hasil belajar melalui motivasi belajar Biologi siswa dengan koefisien jalur 0,14, dukungan sosial teman sebaya memiliki hubungan secara tidak langsung dengan hasil belajar melalui motivasi belajar Biologi siswa dengan koefisien jalur 0,20 dan regulasi diri memiliki hubungan secara tidak langsung dengan hasil belajar melalui motivasi belajar Biologi siswa dengan koefisien jalur 0,26 sementara kategori motivasi belajar sedang serta hasil belajar berada pada kategori tinggi.</p> 2023-02-07T01:13:20+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/3698 PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID-19 DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG 2023-02-07T01:43:56+00:00 Jusmin Jusmin jusmin@gmail.com Roni Andri Pramita roniandripramita@unimudasorong.ac.id Mukhlas Triyono mukhlas.triono@unimudasorong.ac.id Budi Santoso budisantoso@unimudasorong.ac.id <p><em>Tujuan dari artikel ini adalah mendeskripsikan pembelajaran daring yang diberlakukan &nbsp;selama covid 19 di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. </em><em>Penelitian ini </em><em>menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang mendiksripsikan pembelajaran Online di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan selama covid 19 adalah proses pembelajaran online dengan bentuk pembelajaran online selama pandemi covid 19 adalah penggunaan aplikasi aplikasi zoom, google classroom dan whatsapp group. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran online adalah a) Aplikasi yang digunakan.Untuk aplikasi whatsaap grup dan google classroom bisa dikatakan efektif karena informasi perkuliahan terdistribusi secara cepat. Untuk aplikasi zoom, menjadi kendala bagi mahasiswa, terkadang materi tidak tersampaikan; b) Jaringan internet yang tidak stabil; c) Ilmu yang diberikan belum tersampaikan secara baik. Penggunak platform tersebut terhadap pembelajaran darinf di Univesitas Pendididkan Muhammadiyah Sorong pada program studi ilmu pemerintahan efektif dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dan Zoom. Adapun kendala yang dialami terdapat pada mahasiswa yaitu masalah koneksi internet dan kuota mahasiswa</em></p> 2023-02-07T01:17:46+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/3643 The Students’ Perception on the use of Blue button application in Teaching English for Tourism Course in Indonesia Student Micro Credential Program 2023-02-07T01:43:57+00:00 Rizqi Claudia Wardani tracerstudyunimuda@gmail.com Selfiani Selfiani selfyfy9@gmail.com <p>This study is aimed to describe about students’ perception in the learning process in English for Tourism using Blue Button Application in the Indonesia Student Micro Credential and what are the difficulties that the students faced during learning through the Blue Button Application as the learning media. This research used descriptive Qualitative method that the researcher took the data collection from interview and questionnaire sheets. The subject of this research was the students from English for Tourism class in the Student Micro Credential Program that held by the government collaboration with tourism industry and Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. From this research it is found that (1) The students felt easy to use Blue Button Application in learning English for Tourism, (2) the students are easily to access the material like video, text, and picture. (3) students interested with the design of material which presented in the application. (4) the students effectively followed English for Tourism class through Blue Button Application. Meanwhile the difficulties that the students facing during learning English for Tourism using Blue Button Application are (1) the unstable internet connection (2) some students still not familiar with Blue Button Application (3) the upload system that used in the application is very easy for other students to copy. (4) most of the students agreed that they have lack of experience by practicing tourism guide through the application.</p> <p>Keywords: students’ perception, Blue Button Application, English for Tourism</p> 2023-02-07T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/3700 PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI ASISTENSI MENGAJAR PROGRAM MBKM DI PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH (UNIMUDA) SORONG 2023-02-07T01:43:57+00:00 Umi Fitria Raubun umifitria@gmail.com Sirojjuddin Sirojjuddin sirojjuddin@gmail.com Jaharudin Jaharudin jaharudin2008@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai Bagaimana Persepsi dari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi sebagai bagian yang telah mengikuti program merdeka belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah&nbsp; metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, yang berjumlah 138 mahasiswa. Dan pengumpulan subjek yang diambil peneliti hanya fokus pada mahasiswa prodi pendidikan biologi adapun jumlah subjek yang diambil peneliti setengah dari jumlah subjek yaitu sekitar 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuisioner dan wawancara dilakukan pada beberapa mahasiswa terhadap Persepsi Implementasi terkait dengan Asistensi Mengajar Program MBKM di Prodi Pendidikan Biologi secara keseluruhan memperoleh hasil dengan kategori kurang baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu mahasiswa telah terima Informasi dan mengetahui program ini dan sangat baik untuk berkontribusi. Namun demikian, sistem informasi proram ini masih perlu diperbaiki untuk memberikan akses yang baik bagi mahasiswa</p> 2023-02-07T01:25:22+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/3701 PROBLEM BASE LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 AITINYO 2023-02-07T01:43:57+00:00 Stella Stefana Bosawer bosstel32@gmail.com Hidayatussakinah Hidayatussakinah hidayatussakinah@gmail.com Sirojjuddin Sirojjuddin sirojjuddin@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui <em>problem base learning</em> sebagai solusi untuk dapat penigkatakan kemampuan berfikir logis pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Aitinyo. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Aitinyo Kabupaten Maybrat&nbsp; pada bulan oktober-November 2022.Jenis penelitian yang digunakan PreExperimental .Dengan desain menggunakan <em>One Group Pre-tes Posttes</em>.Instrumen yang digunakan adalah tes soal essay.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prettes memiliki mean 74,77sedangkan posttest memiliki mean 89,64dan 2023-02-07T01:27:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/3702 IDENTIFIKASI STRUKTUR MORFOLOGI TUMBUHAN MATOA (Pometia pinnata) DI LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH (UNIMUDA) SORONG 2023-02-07T01:43:57+00:00 Maria Noviliana Tehuayo tehuayomaria19@gmail.com Hidayatussakinah Hidayatussakinah hidayatussakinah@gmail.com Nurul Alia Ulfa nurulalia.ulfha@gmail.com <p>ABSTRAK</p> <p>Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi morfologi tumbuhan matoa <em>(Pometia pinnata)</em> di&nbsp; lingkungan Kampus Universitas Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif pada tumbuhan matoa. Hasil penelitian di Lingkungan Kampus Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong yaitu, tumbuhan matoa yang terdapat di Lingkuangan Kampus (UNIMUDA) Sorong memiliki warna daun (merah cerah, hijau), bentuk (majemuk), ukuran (2-8 cm), tepi (berombak) dan permukaan daun halus. Batang matoa memiliki warna (coklat, keputih-putihan), bentuk (silindris/tegak). Permukaan batang kasar.&nbsp; Akar matoa&nbsp; memilki warna akar (coklat), bentuk akar (tunggang), dan permukaan akar kasar. Buah matoa memiliki warna (hijau, merah, kehitaman), bentuk buah (bulat), permukaan buah halus dan kasar. Bunga matoa memiliki warna (merah, hijau dan kuning), bentuk (majemuk), permukaan bunga halus. Biji matoa memmiliki warna yaitu (coklat kehitaman dan coklat muda), bentuk biji (bulat) dan permukaan biji kasar.</p> 2023-02-07T01:28:59+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/3705 ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH AIMAS KABUPATEN SORONG 2023-02-07T01:43:58+00:00 Nurul Alia Ulfa nurulalia@gmail.com Hidayatussakinah Hidayatussakinah hidayatussakinah@gmail.com Ratna Prabawati ratnaprabawati@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, yaitu menggambarkan kesulitan belajar siswa dalam memahami pembelajaran Biologi pada pokok bahasan sistem pertahanan tubuh di kelas XI SMA Muhammadiyah Aimas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesulitan belajar siswa dalam&nbsp; memahami pembelajaran Biologi pada pokok bahasan sistem pertahanan tubuh di kelas XI SMA Muhammadiyah Aimas. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah Aimas yang berjumlah 50 orang, tekhnik pengambilan sampel yaitu dengan cara <em>“Simple random sampling” </em>dan sampel dalam penelitian ini adalah 30% dari populasi&nbsp; yakni sebanyak 12 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket, dan wawancara.&nbsp; Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran biologi pada pokok bahasan sistem pertahanan tubuh yaitu , 2 orang berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 29,17%, 7 orang berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 63,63%, dan 3 orang berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 25%. Secara umum, kesulitan belajar siswa dalam memahami materi sistem pertahanan tubuh berada pada kategori tinggi. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya perhatian dan minat siswa dalam mempelajari materi sistem pertahanan tubuh serta siswa memiliki kemampuan daya ingat yang kurang baik. Kemudian upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa adalah mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar, memberi perhatian atau pendekatan khusus terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar, penyampaian materi dengan menggunakan metode yang sesuai, mengulangi materi pelajaran, memotivasi agar siswa mempelajari Biologi dengan cara sering membaca.</p> 2023-02-07T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unimuda.e-journal.id/jurnalbiolearning/article/view/3703 PENGARUH MODEL INKUIRI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 5 KABUPATEN SORONG 2023-02-07T01:43:58+00:00 Maria Madina Bodori bodorimaria26@gmail.com Ratna Prabawati ratnaprabawati@gmail.com Anang Triyoso anangtriyoso@gmail.com <p>Model&nbsp; Inkuiri melibatkan secara optimal seluruh kemampuan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran untuk mencari, menyelidiki sesuatu secara sistematis, logis dan kritis dengan berlandas situasi kehidupan nyata. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran berbasis kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yaitu <em>Nonequivalent control group design</em>. Teknik pengumpulan data berupa tes, lembar observasi keterampilann dan sikap, lembar kerja peserta didik (LKPD). Teknik analisis data menggunakan,uji normalitas, homogenitas, validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji independent sample t test, uji mann whitney dengan program SPSS <em>V.</em> 24. Hasil uji hipotesis independent sample t test nilai Sig. (2-tailed ) 0,002 &lt; 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model inkuiri berbasis kontekstual pada hasil belajar kelas X SMAN 5 Kabupaten Sorong aspek pengetahuan namun pada aspek keterampilan dan aspek sikap tidak terdapat pengaruh.</p> 2023-02-07T01:36:12+00:00 ##submission.copyrightStatement##