Pengaruh Peran Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SD Negeri di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran peran orang tua, motivasi belajar, dan prestasi belajar (2) mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar IPS siswa, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa, dan (4) mengetahui pengaruh peran orang tua dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) Peran orang tua berada pada kategori tinggi, motivasi belajar berada pada kategori sangat tinggi dan prestasi belajar IPS siswa berada pada kategori tinggi; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan peran orang tua terhadap prestasi belajar IPS siswa SDN; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS; dan (4) Terdapat pengaruh positif peran orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama (simultan) dengan prestasi belajar IPS.